1-2 Mei dalam Sejarah: Organisasi Rahasia Iluminati Didirikan, hingga Tertangkapnya Osama bin Laden

1-2 Mei dalam Sejarah: Organisasi Rahasia Iluminati Didirikan, hingga Tertangkapnya Osama bin Laden

Ekonomi Internasional
Share the knowledge

Tanggal 1 Mei 1776, seorang intelektualis Jerman, Adam Weishaupt, mendirikan organisasi rahasia bernama Illuminati, satu organisasi yang selalu dikaitkan dengan teori konspirasi. Sehari kemudian pada 1980, rezim apartheid Afrika Selatan melarang peredaran 

album “Another Brick in Wall (Part II)” milik Pink Floyd. Di hari sama 2011, pria paling dicari FBI dan orang yang diduga otak dibalik serangan 11 September oleh Amerika Serikat (AS), Osama bin Laden, dibunuh oleh pasukan khusus AS di Abbottabad, Pakistan. Redaksi kali ini memilih mengulas mengenai Illuminati.

Illuminati adalah masyarakat rahasia abad ke-18 yang terdiri dari banyak intelektualis berpengaruh dan pemikir bebas pada saat itu. Organisasi, yang juga dikenal sebagai Illuminati Bavaria ini, menentang kontrol Gereja Katolik Roma atas filsafat dan sains; mempromosikan pendidikan perempuan dan perlakuan mereka sebagai sederajat; berusaha untuk “mencerahkan” pikiran orang dan membebaskan mereka dari takhayul dan prasangka; dan mencoba mengurangi penindasan oleh negara.

Menurut “New England dan the Bavarian Illuminati “(Columbia University Press, 1918), sebuah buku nonfiksi tentang masyarakat rahasia, Illuminati adalah gagasan Adam Weishaupt, seorang ketua hukum kanonik dan kemudian dekan fakultas hukum di Universitas Ingolstadt di Bavaria (negara bagian di Jerman tenggara) pada awal 1770-an.

Weishaupt sangat kritis terhadap “intoleransi dan kefanatikan” gereja, yang pada saat itu memiliki pengaruh kuat atas Universitas Ingolstadt, juga politik dan pemerintahan Bavaria. Kritik-kritiknya menghasilkan bentrokan dengan para Yesuit.

Postcomended   Negara Arab Kecil Ini Terindikasi Bakal Akui Israel

Hal ini menyebabkan Weishaupt menyimpulkan bahwa sebuah organisasi rahasia dari individu-individu yang berpikiran liberal, diperlukan untuk mengecoh “musuh-musuh akal.”

Dia awalnya berusaha bergabung dengan salah satu loji Freemason, tetapi tidak memiliki dana. Selain itu, dia merasa ordo (tatanan) tersebut terlalu terkenal untuk masyarakat umum. Karenanya pada tanggal 1 Mei 1776, Weishaupt membentuk Ordo Illuminati dengan empat anggota lainnya.

The Illuminati tumbuh dengan cepat, mendapatkan sekitar 2.000 anggota dari negara-negara di seluruh Eropa, termasuk Prancis, Polandia, Hongaria dan Italia. Ekspansi yang cepat ini sebagian besar disebabkan oleh diplomat Jerman terkemuka, Baron Adolf Franz Friederich Knigge, yang merestrukturisasi tatanan pada 1780 dan membantu menyebarkan Illuminisme dengan merekrut orang-orang dari loji Freemason.

Postcomended   6 Juni dalam Sejarah: Azan dalam Bahasa Arab Kembali Disahkan di Turki

Pertumbuhan ordo yang tidak terlalu rahasia ini pada akhirnya berkontribusi pada kejatuhannya. Pada Juni 1784, penguasa Bavaria, Carl Theodore, melarang semua perkumpulan rahasia. Pada Maret 1785, ia menetapkan Illuminati sebagai salah satu cabang Freemasonry, organisasi ilegal yang pernah ada.

Pemerintah mulai membasmi anggota Illuminati, menyebabkan Weishaupt melarikan diri dari Bavaria dan mempertahankan korespondensi tertulis dengan para pemimpin ordo yang disebut Areopagites.

Pada Oktober 1786, para pejabat menggeledah buku dan koran terkemuka serta lebih dari 200 surat antara Weishaupt dan para pemimpin Illuminati yang merinci urusan paling intim dari ordo tersebut, di rumah seorang Areopagite,

Pemerintah segera menerbitkan dokumen-dokumen itu, yang memuat nama sejumlah anggota Illuminati. Pada bulan Agustus 1787, Duke of Karl Theodore Dalberg dari Bavaria mendaratkan pukulan terakhir untuk Illuminati dengan mengeluarkan hukuman yang lebih keras –termasuk hukuman mati– bagi siapa pun yang ditemukan menjadi bagian dari organisasi.

Postcomended   21 Februari dalam Sejarah: Malcolm X Dibunuh Rival Muslimnya

Sejumlah organisasi kemudian mengaku sebagai keturunan dari Illuminati asli, dan beberapa penulis telah menegaskan bahwa Illuminati bertahan hidup hari ini, tetapi klaim ini sebagian besar tidak berdasar.


Share the knowledge

Leave a Reply