Internasional

1 Juli dalam Sejarah: Kejuaraan Wimbledon Tandai Dimulainya TV Warna di Inggris

Share the knowledge

Sir David Attenborough menjadikan BBC sebagai televisi pertama yang menyiarkan siaran berwarna di Eropa (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=OYsSBP3pHTk&source=ctrlq.org)

Sir David Attenborough kunci bagi BBC dapat mengklaim sebagai penyiar pertama di Eropa dengan layanan warna reguler.   (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=OYsSBP3pHTk&source=ctrlq.org)

Pada tanggal ini tahun 1967, kejuaraan tenis Wimbledon yang ditampilkan di BBC Two, menandai dimulainya televisi berwarna di Inggris. David Attenborough, pengendali BBC Two kala itu, adalah yang berambisi agar siaran TV berwarna pertamanya mengambil momentum Wimbledon.

 

Attenboroug mengumumkan, saluran tersebut awalnya akan disiarkan dengan warna hanya lima jam seminggu. Meskipun edisi warna kadang-kadang tidak dipublikasikan, namun terpancar secara publik dari program tinjauan seni Late Night Line-Up. Pada Desember 1967, 80% program sudah berwarna.

Tanggal peluncuran yang sebenarnya dilakukan Desember, ditarik ke bulan Juli sehingga BBC dapat mengklaim sebagai penyiar pertama di Eropa dengan layanan warna reguler. Prancis, Jerman, dan Belanda, yang telah merencanakan peluncuran layanan warna mereka di musim gugur, semuanya disalip.

Postcomended   Tim Pimpinan Belanda Tuding Rusia Tembak Jatuh Pesawat Penumpang MH17

Inggris menjadi terdepan dalam membawa TV berwarna ke rumah-rumah. Tetapi dengan kurang dari 5.000 set TV warna yang beredar, jumlah pemirsanya sangat kecil.

Dilansir laman BBC, liputan berwarna dimulai bertepatan dengan hari Sabtu pertama Kejuaraan Wimbledon, ketika, pada pukul 14.00, liputan langsung Kejuaraan ditampilkan di BBC Two yang disajikan oleh David Vine dan dengan komentator Keith Fordyce.

Pertandingan pertama yang disiarkan dengan warna adalah Cliff Drysdale melawan Roger Taylor dan dimainkan di Centre Court. Siaran warna tambahan dilakukan selama sore hari minggu berikutnya serta program sorotan 30 menit yang ditampilkan setiap malam.

Wartawan yang menghadiri tontonan khusus di BBC Television Center pada 1967 tersebut, terkesan dengan teknologi baru dan kualitas gambar yang ditayangkan.

Periode hingga peluncuran sepenuhnya telah menawarkan pemirsa ke layanan baru, dan ini memberi waktu bagi staf BBC untuk membiasakan diri dengan teknologi ini. Ini juga menawarkan produsen kesempatan untuk sepenuhnya mempersiapkan penjualan set TV baru yang diperlukan.

Postcomended   Komisi Persaingan Usaha Singapura Mencurigai Modus Uber

Ambisi David Attenborough

Mendapatkan televisi berwarna di udara adalah ambisi pribadi Attenborough (93). Dia memulai karirnya di dunia penyiaran pada 1952, dimulai sebagai presenter dari serial “Zoo Quest” yang populer, dan pada 1965 adalah sebagai Pengendali BBC Two.

Dua tahun sebelumnya dia telah melihat pembukaan standar Eropa untuk transmisi warna, yang diadopsi kebanyakan penyiar di daratan Eropa dari tahun 1967, terutama oleh PAL Jerman yang mana BBC awalnya  tidak yakin akan memenuhi standar tinggi yang dicapai oleh sistem ‘PAL’ Jerman yang superior.

Tapi Attenborough –yang selama ini lebih dikenal sebagai pembawa acara tayangan dokumentasi flora dan fauna– memiliki ambisi untuk mendapatkan layanan warna reguler pertama di udara sebelum yang lain hingga akhirnya dilakukan dengan cakupan warna pada Wimbledon tahun itu. Saat Attenborough menguraikan program warna apa yang akan datang, publik tidak bisa mempercayai mata mereka.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top