CNN's first broadcast: June 1, 1980 - CNN Video CNN.com

CNN’s first broadcast: June 1, 1980 – CNN Video CNN.com

Pada tanggal ini, 1940, krisis akibat Perang Dunia II menyebabkan Belanda menjatah kopi & teh bagi warganya. Lima tahun kemudian, Sukarno bersama Supomo dan Muhammad Yamin, merumuskan Pancasila yang menjadi ideologi bangsa Indonesia. Pada 2007, Inggris melakukan gebrakan dengan melarang warganya merokok di tempat-temat umum. Kembali ke 1980, jaringan televisi kabel Amerika Serikat, CNN, melakukan transmisi pertamanya.

Pada tanggal ini, 1980, Cable News Network alias CNN, memulai debutnya. Pada tahun-tahun pertama operasinya, CNN kehilangan uang dan diejek sebagai Jaringan Mie Ayam. CNN adalah gagasan Robert “Ted” Turner, seorang pengusaha yang penuh warna, blak-blakan, sehingga dijuluki “Mulut dari Selatan”.

Jaringan berita televisi 24 jam pertama di dunia ini ditandatangani pada pukul 6 sore dari kantor pusatnya di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat (AS) dengan cerita utama tentang percobaan pembunuhan pemimpin hak sipil Vernon Jordan.

CNN melanjutkan untuk mengubah anggapan bahwa berita hanya dapat dilaporkan pada waktu-waktu tertentu sepanjang hari. Pada saat peluncuran CNN, berita TV didominasi oleh tiga jaringan utama: ABC, CBS dan NBC, dan melakukan siaran 30 menit setiap malam.

Postcomended   Blusukan Menikmati Jakarta Baru

Awalnya jaringan TV ini hanya tersedia di kurang dari dua juta rumah di AS. Namun hari ini CNN bisa disaksikan di lebih dari 89 juta rumah di AS dan lebih dari 160 juta rumah secara internasional.
Digagas oleh Robert “Ted” Turner, seorang pengusaha yang penuh warna dan blak-blakan sehingga dijuluki si “Mulut dari Selatan”. Kelahiran Cincinnati, Ohio, 19 November 1938 ini sewaktu kecil pindah bersama keluarganya ke Georgia. Di negara bagian ini ayahnya menjalankan perusahaan iklan papan reklame yang sukses.

Pada 1963, Turner terpaksa mengambil alih bisnis ayahnya dan mengembangkannya, setelah ayahnya melakukan bunuh diri. Pada 1970, ia membeli satu stasiun TV yang gagal di Atlanta yang menyiarkan film-film lama dan tayangan ulang jaringan.

Dalam beberapa tahun Turner berhasil mengubahnya menjadi “superstation”; sebuah konsep yang ia rintis, di mana siaran TV disiarkan oleh satelit ke rumah-rumah di seluruh negeri.

Postcomended   Tidak Semanis Filmnya, Inilah Fakta & Misteri Kartun Frozen

Turner kemudian membeli tim bisbol Atlanta Braves dan tim basket Atlanta Hawks dan menayangkan permainan mereka di jaringannya, TBS (Turner Broadcasting System). Pada 1977, Turner mendapatkan ketenaran internasional ketika ia berlayar menggunakan kapal pesiar ke kemenangan di perlombaan Piala Amerika bergengsi.

Ketika tahun-tahun pertama operasinya CNN kehilangan uang dan diejek sebagai Jaringan Mie Ayam, Turner tak menyerah. Dia terus berinvestasi dalam membangun biro jaringan berita di seluruh dunia. Pada 1983, ia membeli Saluran Berita Satelit yang dimiliki sebagian oleh ABC, yang dengan begitu menghilangkan pesaing utama CNN ini.

CNN akhirnya dikenal karena meliput acara-acara secara langsung di seluruh dunia. Jaringan ini memeroleh daya tarik yang signifikan dengan melakukan liputan langsung Perang Teluk pada 1991. Jaringan tumbuh seiring dengan meningkatnya popularitas televisi kabel selama tahun 1990-an.

Pada 1996, CNN bergabung dengan Time Warner, yang bergabung dengan America Online empat tahun kemudian. Sementara itu Ted Turner saat ini menyibukkan diri sebagai aktivis lingkungan dan perdamaian yang upaya filantropisnya pada 1997 mencakup hadiah sebesar 1 miliar dolar AS kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa. (***/history/onthisday)

Share the knowledge