Loading...
Wisata

1 Maret dalam Sejarah: Berhasil Pukau Kongres, Taman Nasional Pertama di Dunia Ini Diresmikan

Share the knowledge

Old Faithful (gambar dari: YouTube)

Old Faithful (gambar dari: YouTube)

Pada tanggal ini, tahun 1872, setelah berhasil membuat Kongres terkesima, Presiden Amerika Serikat (AS), Ulysses S. Grant, menandatangani Undang-Undang Perlindungan Taman Nasional Yellowstone menjadi undang-undang. Taman nasional pertama di dunia telah lahir. 

Dilansir laman National Park Service (NPS), sebelum penetapan Yellowstone sebagai taman nasional, beredar mitos yang mengisahkan keunikan wilayah ini. Salah satu mitos yang bertahan lama adalah: pada 1870 penjelajah berkumpul di sekitar api unggun.

Di sekitar mereka terpampang pemandangan dari persimpangan dua sungai, dibayangi oleh tebing menjulang dari Dataran Tinggi Madison. Mereka mendiskusikan apa yang mereka lihat selama eksplorasi dan menyadari bahwa “tanah api”, es, dan hewan liar di kawasan ini perlu dilestarikan. Maka, menurut legenda, lahirlah Taman Nasional Yellowstone.

Kisahnya mungkin hanya penuturan warga yang berkembang secara turun-temurun, namun keberadaan para penjelajah tersebut nyata. Pencapaian mereka membantu menyelamatkan Yellowstone dari pengembangan oleh pribadi. Yellowstone terletak di negara bagian Wyoming, Montana, dan Idaho, dengan luas mencapai 8.991 km persegi

Mereka mempromosikan undang-undang taman di Washington pada akhir 1871 dan awal 1872 yang mengacu pada preseden Undang-Undang Yosemite tahun 1864, yang melindungi Lembah Yosemite dari permukiman dan mempercayakannya kepada perawatan negara bagian California.

Keajaiban Yellowstone, yang kala itu ditunjukkan melalui foto-foto William Henry Jackson, seorang fotografer survei geologi; lukisan Thomas Moran, seorang pelukis AS; dan sketsa buatan Henry Wood Elliot, telah memikat imajinasi Kongres.

Postcomended   2 September dalam Sejarah: Api Melumat London, Raja Charles Menyaksikan dengan Pedih

Berkat laporan yang berkelanjutan dan karya penjelajah dan seniman yang mengikutinya, Kongres Amerika Serikat pun memutuskan mendirikan Taman Nasional Yellowstone pada 1872, yang diresmikan pada 1 Maret tahun yang sama.

Undang-Undang Perlindungan Taman Nasional Yellowstone mengatakan: “Hulu Sungai Yellowstone dengan ini dilindungi dan ditarik dari peluang untuk pemukiman, hunian, atau penjualan, dan didedikasikan dan ditetapkan sebagai taman umum atau tempat kesenangan untuk keuntungan dan kenikmatan masyarakat.”

Semasa era ekspansi di AS, pemerintah federal memiliki pandangan ke depan untuk menyisihkan lahan yang dianggap terlalu berharga untuk dikembangkan sebagai tempat-tempat manusia beranak-pinak.

Yellowstone Pernah Meletus Dahsyat

Apa yang membuat Yellowstone perlu dilindungi? Dikutip dari laman Oyster, bentang alam Yellowstone dibentuk oleh letusan gunung berapi. Meski tak disebut sebagai gunung berapi, namun Yellowstone pernah disebuit berpotensi Meletus dahsyat mengingat arena vulkanik ini sangat aktif.

Postcomended   Kasus HIV AIDS di Cina Meloncat 14 Persen, Ini Penyebabnya #HariToleransiInternasional

Letusan paling ganas Yellowstone terjadi pada dua juta tahun yang lalu. Sebagai alam hasil bentukan aktivitas vulkanik, medan kawasan Yellowstone kini dihiasi sejumlah fenomena tufa dan bubungan, yang menjadikannya formasi batuan yang dramatis.

Magma yang mendidih di bawah area Yellowstone mendukung sistem hidrotermal di bawah geyser taman ini, misalnya geyser Old Faithful. Setiap tahun, ribuan letusan terjadi di daerah Yellowstone tanpa ada yang memperhatikan. Hanya sedikit getaran yang terjadi dalam sejarah yang tercatat.

Aktivitas seismik luar biasa terbaru terjadi pada 2014 dan diukur 4,8 pada skala Richter tanpa kerusakan yang tercatat. Ada empat suku asli yang tinggal di daerah Yellowstone, namun mereka dilaporkan tidak tinggal di dekat geyser dengan alasan mistis: takut pada roh jahat di bawah tanah mereka.

Iklim di Yellowstone dikenal karena musim panas yang pendek dan musim dingin yang panjang. Musim semi membawa campuran hari-hari cerah dan hujan, dengan suhu mulai dari hampir nol hingga 70 derajat fahrenheit. Musim panas lebih kering, dengan hari-hari rata-rata antara 70-an dan 80-an derajat Fahrenheit dan malam jatuh pada 30-an dan 40-an Fahrenheit.

Postcomended   Malaysia Kirim Balik Ratusan Ton Sampah Plastik a.l. dari AS dan Kanada

Musim dingin terasa dingin, dengan suhu membentang dari nol hingga 25 derajat Fahrenheit plus hujan salju tahunan antara 150 dan 400 inci, tergantung pada ketinggian.

Elevasi kawasan Yellowstone yang mencapai 6.500 hingga 8.000 kaki di atas permukaan laut membuat kawasan ini memiliki tingkat sengata panas matahari sangat tinggi dan pola cuaca yang cepat berubah.***

Loading...


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Loading...
To Top