source: CBSnews.com

source: CBSnews.com

Pada tanggal ini tahun 1961, organisasi advokasi lingkungan hidup, World Wildlife Fund  alias WWF, didirikan. Pada tanggal sama 1961, Gerakan Non-Blok menggelar konferensi pertamanya di Belgrade alias Beograd, Yugoslavia. Tanggal ini tahun 1969 juga mencatat, seorang kapten tantara Libya berusia 27 tahun, memimpin kudeta militer terhadap Raja Idris I.

Di usianya yang masih belia, 27, Muammar Qaddafi berhasil menggulingkan kekuasaan Raja Idris I. Dilansir laman History, Idris didepak Qaddafi untuk kemudian dia diangkat sebagai ketua badan pemerintahan baru Libya, Dewan Komando Revolusi.

Lahir di sebuah tenda di gurun di Libya pada 1942, putra petani Badui ini adalah seorang siswa yang berbakat. Dia lulus dari Universitas Libya pada 1963 dan akademi militer Libya di Benghazi pada 1965.

Sebagai seorang nasionalis Arab yang penuh semangat, dia Bersama sekelompok rekan sepelatihannya merencanakan menggulingkan Raja Idris, yang dipandang sebagai terlalu konservatif dan tidak peduli terhadap gerakan untuk kesatuan politik yang lebih besar di antara negara-negara Arab.

Pada saat Qaddafi mencapai pangkat kapten pada 1969, kaum revolusioner siap menyerang. Mereka menunggu sampai Raja Idris berada di luar negeri, dirawat karena penyakit kaki di spa Turki, dan kemudian menggulingkan pemerintahannya dalam kudeta tak berdarah.

Monarki dihapuskan. Raja Idris melarikan diri ke Turki lalu ke Yunani sebelum kemudian menemukan suaka di Mesir. Idris meninggal di Kairo pada 1983.

Postcomended   Gangguan Mental Dilaporkan Meningkat di Seluruh Dunia

Memadukan ortodoksi Islam, sosialisme revolusioner, dan nasionalisme Arab, Qaddafi mendirikan kediktatoran anti-Barat yang bergelora di Libya. Pada 1970, ia menyingkirkan pangkalan militer AS dan Inggris, serta mengusir orang Libya-Italia dan Yahudi.

Pada 1973, ia mengambil alih ladang minyak milik asing. Ia memulihkan kembali hukum Islam tradisional, seperti melarang minuman beralkohol dan perjudian, tetapi (anehnya) membiarkan wanita “bebas” tanpa aturan ketat keagamaan termasuk dalam hal berpakaian dan karir.

Dia juga dan meluncurkan program sosial yang meningkatkan standar hidup di Libya.

Sebagai bagian dari ambisi yang dinyatakannya untuk menyatukan dunia Arab, ia mencari hubungan yang lebih dekat dengan tetangga-tetangga Arabnya, terutama Mesir. Namun, ketika Mesir dan kemudian negara-negara Arab lainnya memulai proses perdamaian dengan Israel, Libya menjadi terisolasi.

Pemerintah Qaddafi disebut membiayai beragam kelompok teroris di seluruh dunia, mulai dari gerilyawan Palestina dan pemberontak Muslim Filipina bahkan Tentara Republik Irlandia. Selama 1980-an, Barat menyalahkannya atas berbagai serangan teroris di Eropa.

Postcomended   Trump Manfaatkan Forum PBB Ancam Lagi Negara-negara Penerima Bantuan AS

Pada April 1986, pesawat perang Amerika Serikat (AS) mengebom ibukota Libya, Tripoli, sebagai pembalasan atas pemboman sebuah aula tari Jerman Barat. Qaddafi dilaporkan terluka dan bayi perempuannya tewas dalam serangan tersebut.

Pada akhir 1990-an, Qaddafi berusaha memimpin Libya keluar dari isolasi internasional yang panjang dengan menyerahkan kepada pihak Barat dua tersangka yang dicari untuk ledakan 1988 atas sebuah pesawat di atas Lockerbie, Skotlandia.

Sebagai tanggapan, PBB mencabut sanksi terhadap Libya. AS menyusul dengan menghapus embargonya pada September 2004. Setelah bertahun-tahun ditolak di dunia Arab, Qaddafi juga berusaha menjalin hubungan yang lebih kuat dengan negara-negara Afrika non-Islam seperti Afrika Selatan, merombak dirinya sebagai negarawan Afrika yang lebih tua.

Pada Februari 2011, ketika kerusuhan menyebar ke banyak dunia Arab yang dikenal dengan istilah “Arab Spring”, protes politik besar-besaran terhadap rezim Qaddafi memicu perang sipil antara kaum revolusioner dan loyalis.

Sebulan kemudian, satu koalisi internasional mulai melakukan serangan udara terhadap benteng-benteng Qaddafi di bawah naungan resolusi Dewan Keamanan PBB. Pada 20 Oktober, pemerintah sementara Libya mengumumkan bahwa Qaddafi telah tewas setelah ditangkap di dekat kampung halamannya di Sirte. Banyak gambar beredar Qaddafi tewas secara mengenaskan karena dihakimi massa.***

Share the knowledge