Internasional

10 Kota Dunia Rawan Copet: Dompet Mudah Amblas di Las Ramblas

Turis memadati Las Ramblas (Daily Mail)

Orang asing yang baru datang di kota-kota besar di Indonesia mungkin heran, mengapa banyak orang mengenakan ransel di depan badan mereka. Mereka tampaknya bukan orang yang berasal dari Barcelona atau Paris, dua kota rawan copet di Eropa. Dengan persiapan yang rumit dan keterampilan mencopet yang lihai, para pencopet di sana pastinya tidak ingin rahasianya diketahui lingkaran luar mereka.

Barcelona dan Paris adalah dua kota ternama di Eropa, sekaligus kota tujuan wisata populer dunia, yang dimasukan oleh situs wisata TripAdvisor dalam 10 besar kota rawan pencopet. Daftar ini disusun TripAdvisor berdasarkan informasi dari para editor dan pelancong, dan belum berubah untuk satu dekade terakhir ini.

TripAdvisor adalah situs wisata terbesar di dunia yang membantu wisatawan dalam merencanakan dan memesan perjalanan wisata. TripAdvisor juga dapat memberikan rekomendasi tentang hotel, resort, penginapan, tempat liburan, paket perjalanan, pemandu perjalanan, penerbangan, penyewaan tempat berlibur, dll.

Kota yang menempati tempat nomor satu dalam daftar TripAdvisor sebagai kota rawan pencopet  adalah Barcelona, ​​Spanyol, kota tujuan wisata yang memiliki banyak jalanan padat dan ramai, landmark, dan tempat untuk melihat-lihat; potensi yang bagus bagi para pencopet. Dan rupanya, Spanyol punya satu kota lagi yang masuk 10 besar, yakni ibukotanya sendiri, Madrid, di posisi ke-4.

Postcomended   Menteri Pariwisata Luncurkan Badan Otorita Pariwisata Borobudur

Spanyol adalah satu-satunya negara selain Italia yang dua kotanya masuk dalam daftar. Kota-kota lainnya di lima besar adalah Roma, Praha, dan Paris. Selebihnya ada Florence, Italia; Athena, Yunani; dan Amsterdam, Belanda. Menarik bahwa lima besar kota-kota yang memiliki pencopet-pencopet lihai adalah Eropa, selebihnya ditempati kota di benua lain seperti Buenos Aires, Argentina; serta Hanoi, Vietnam.

Satu kesamaan dari kota-kota 10 besar rawan copet ini adalah, memiliki tempat yang sibuk, serta banyak atraksi luar ruangan di antara situs paling populer mereka; dua syarat untuk terpenuhinya syarat sebagai kota rentan pencurian.

Dalam kesempatan merilis daftar 10 kota rawan copet ini, Amelie Hurst, juru bicara TripAdvisor, mengatakan, “Pencopetan adalah seni sejati. Dan sementara pencuri bisa menyerang di mana saja, di rumah atau di luar negeri, hot spot wisata sering menghasilkan hasil yang jauh lebih kaya. Kombinasi seorang musafir yang terpesona dan tas yang menggembung dengan mata uang lokal, belum lagi paspor, kamera, dan kartu kredit, adalah prospek yang menarik bagi pencuri berjari ringan.”

1. Barcelona.
TripAdvisor menyarankan wisatawan berhati-hati saat berjalan-jalan di Las Ramblas, suatu kawasan pedestrian yang luas, lengkap, dan atraktif bagi wisatawan; sekaligus sempurna untuk amblasnya dompet anda.

2. Roma
Dengan bangunan kuno dan atraksi sejarah dan budaya yang menakjubkan, Roma penuh dengan turis dan hal-hal luar biasa untuk dilihat. Dengan ribuan orang mengagumi Trevi Fountain atau Pantheon, sangat mudah bagi pencopet bermain dengan gunting dan retsleting tas Anda.

Postcomended   Lomba Mindo Photography Competition

3. Praha
Ribuan turis yang memadati batu purbakala setiap tahun, merupakan resep sempurna untuk pencopetan. Pastikan barang-barang berharga diikat.

4. Madrid
Pasar loak El Rastro dan metro yang ramai sering disebut sebagai tempat di mana skema pencopet yang tidak ramah dapat meredam niat orang berunjung ke kota yang indah ini. Pencopet bahkan dikenal seringkali beraksi di museum-museum yang banyak terdapat di kota ini.

5. Paris
Kerumunan banyak terdapat di sekitar Menara Eiffel. Namun kerumunan juga terjadi di bawah tanah dalam sistem metro kota, di mana para pelancong harus ekstra hati-hati.

6. Florence
Saat mengagumi kreasi Michelangelo, atau di tiruannya di Piazza della Signoria yang sibuk, waspadalah bahwa orang lain mungkin memiliki perhatian pada dompet Anda.

7. Buenos Aires
Buenos Aires punya modus mirip di Indonesia. Anda bisa tiba-tiba terkena kotoran burung (kemungkinan mustard), lalu seseorang tiba-tiba menawarkan membersihkannya.

8. Amsterdam
Jangan terlalu terbuai suasana kanal-kanal dan keramahan yang Anda terima di kota ini. Para pencopet dikenal banyak memanfaatkan para turis di kota memesona ini.

Postcomended   Sedikit Belajar dari Bromo #HariToleransiInternasional

9. Athena
Kota legendaris ini memiliki monumen kuno yang tak terhitung jumlahnya, banyak di antaranya berada di luar ruangan. Baik mengunjungi Parthenon di Acropolis, atau apa pun di kota bersejarah yang megah ini, simpan tas-tas di dekat dada Anda sementara mata Anda mengagumi karya-karya kuno.

10. Hanoi
Dengan 600 kuil dan pagoda, menjadikan Hanoi tempat yang indah dan unik untuk dikunjungi, sekaligus juga tempat untuk tetap waspada akan kenakalan.***

 

 

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top