Tilya-Kori Madrasah di Registan square, Samarkand, Uzbekistan. Masjid-masjid indah menjadi pertimbangan Lonely Planet memosisikan Uzbekistan di posisi ke dua daftar “Best in Asia”-nya. (CNN/Shutterstock)

Sering disebut sebagai “kota kedua Korea Selatan”, pesisir Busan telah mengambil langkah besar keluar dari bayang-bayang Seoul. Lonely Planet menempatkannya sebagai tujuan wisata nomor wahid di daftar “2018 Best in Asia”. Dan meskipun “mainstream”, tujuan wisata Indonesia masuk di posisi buncit.

Apa yang menarik dari Busan? Kota berjarak sekitar 2,5 jam perjalanan dari Seoul ini adalah kota terbesar kedua di negara ginseng ini, dan tujuan wisata musim panas yang terkenal dengan makanan lautnya yang lezat dan pantainya yang indah.

Daftar 10 top tujuan wisata Lonely Planet ini menyebutkan, dengan perpaduan menakjubkan dari pemandangan, budaya, dan masakan, Busan akan menawarkan berbagai kegiatan yang eklektik untuk memuaskan semua wisatawan: mendaki perbukitan ke kuil Buddha, bersantai di pemandian air panas, dan menikmati hidangan laut di pasar ikan terbesar di negara itu.

Postcomended   Ayo Muter-muter Wisata Semarang Ora Mbayar

“Bersiap untuk mencuri perhatian, Busan adalah Kota Budaya Asia Timur untuk 2018 dan akan menjadi yang paling semarak dengan acara penuh warna yang menampilkan warisan budaya negara itu, dari festival seni jalanan hingga pertunjukan tari tradisional,” sebut Lonely Planet.

Daftar “Best in Asia” tahunan Lonely Planet ini, sekarang di tahun ketiganya, menampilkan 10 tujuan yang direkomendasikan oleh buku panduan wisata untuk dikunjungi di tahun mendatang. “Asia adalah benua yang sangat luas dan beragam bagi siapa pun yang memimpikan pelarian,” kata juru bicara media Lonely Planet Asia-Pasifik, Ian Zeeler, dalam sebuah pernyataan.

“Para ahli kami telah menyisir ribuan rekomendasi untuk memilih tujuan terbaik untuk dikunjungi selama 12 bulan ke depan,” ujarnya.

Di belakang Busan, membuntuti Uzbekistan. Negara pecahan Uni Soviet (kini Rusia) ini mendapatkan kredit untuk masjid-masjidnya yang berlapis mosaik nan indah serta pengetahuannya tentang sejarah “Jalur Sutra”. Posisi ketiga ditempati Vietnam dengan Ho Chi Minh City-nya, yang disebut “superkuat yang entah bagaimana terus semakin dingin.”

Postcomended   "Pengabdi Setan" Sedot Penonton hingga 2,2 Juta

Beberapa tujuan sudah tak asing lagi seperti Chiang Mai. Panjang, salah satu tujuan paling populer Thailand di kawasan ini menyebutkan, kota utara ini telah menambahkan beberapa atraksi baru dalam beberapa tahun terakhir yang membuatnya layak dikunjungi berulang kali. Di antaranya adalah Museum Seni Kontemporer MAIIAM pemenang penghargaan yang baru saja dibuka.

Tempat-tempat lain dipuji karena perbaikan infrastruktur mereka. Sebagai contoh, Taman Nasional Komodo, Indonesia, nomor 10 pada daftar tahun ini, lebih mudah diakses daripada sebelumnya berkat adanya koneksi penerbangan baru.

“Selain melihat Komodo yang terkenal, para pengunjung di pulau kecil yang memiliki siluet ini dapat mendaki ke tempat-tempat suci di Padar, mencicipi kehidupan tepi pantai yang tenang di Kanawa, dan menyelam Bersama berbagai makhluk laut di terumbu karang,” kata Lonely Planet.(***/CNN)

Selengkapnya “Tujuan Terbaik Asia 2018” versi Lonely Planet adalah:
1. Busan, Korea Selatan
2. Uzbekistan
3. Kota Ho Chi Minh, Vietnam
4. Ghats Barat, India
5. Nagasaki, Jepang
6. Chiang Mai, Thailand
7. Lumbini, Nepal
8. Teluk Arugam, Sri Lanka
9. Provinsi Sìchuan, Cina
10. Taman Nasional Komodo, Indonesia

Postcomended   Hari Angklung Sedunia, Saung Udjo Gelar Angklung Pride ke-7

 

Share the knowledge