The Chinese admiral who spread Islam across Southeast Asia (South China Morning Post)

Pada tanggal ini tahun 1811, ilmuwan Italia, Amedeo Avogadro, menerbitkan memoar tentang kandungan molekul gas. Pada 1995, sejarah mencatat sebanyak 7.000 laki-laki Muslim Bosnia dibantai ketika Serbia Bosnia menguasai “tempat perlindungan” PBB di Srebrenica. Pada tanggal sama, 1405, Laksamana Zheng He memulai penjelajahannya ke kawasan Samudra Hindia.Zheng He, atau lebih dikenal di Asia Tenggara sebagai Cheng Ho, yang memiliki nama lahir Ma Sanbao dan nama Muslim Hajji Mahmud Shams (1371–1433), pada tanggal ini tahun 1405, memulai perjalanan penjelajahan ke Samudra Hindia.

Dalam pelayaran kolektif yang disebut sebagai perjalanan “Kasim Sanbao ke Samudra Barat” alias “Cheng Ho ke Samudera Barat” dari 1405 hingga 1433 ini, Cheng Ho memimpin 62 kapal harta karun, 190 kapal yang lebih kecil, dan 27.800 orang.

Cheng Ho yang dikenal sebagai pelaut Cina, penjelajah, diplomat, dan laksamana armada ini, melakukan perjalanan ini atas perintah Kaisar Yongle. Cheng Ho sebelumnya merupakan tawanan Ming yang kemudian dididik dan dijadikan seorang kasim dalam dinas kekaisaran. Dia menjadi kepercayaan terdekat Kaisar Yongle.

Postcomended   Wanita Cina Usia 67 Nekat Lanjutkan Kehamilan Kembarnya

Kasim secara harfiah adalah pria-pria yang telah di/terkebiri, yang pada zaman kekaisaran di Cina menjadi institusi tersendiri, bahkan menjadi faksi besar pemerintahan kaisar yang dimulai sejak abad ke-8 SM pada masa Dinasti Zhou. Orang-orang kasim pada masa kekaisaran bertugas melayani keluarga bangsawan di kerajaan.

Postcomended   Dokter Pribadi Michael Jackson: Michael Dikebiri untuk Menjaga Suaranya

Antara 1405 dan 1433 itu, Cheng Ho memimpin serangkaian tujuh ekspedisi angkatan laut untuk membangun kehadiran Cina dan memperluas sistem sungai ke negara-negara maritim di Asia Tenggara.

Di setiap pelabuhan, Cheng Ho menuntut agar penduduk tunduk pada “Anak Langit” (tianzi, Kaisar Tiongkok), dan memberi imbalan bagi mereka yang mau bekerja sama dengan hadiah.

Cheng Ho misalnya membawa kembali utusan dari 36 negara yang menyetujui hubungan anak sungai, bersama dengan hadiah mahal dan tidak biasa, termasuk zebra dan jerapah Afrika; mengakhiri hari-hari mereka di kebun binatang kerajaan Ming.

Cheng Ho meninggal selama pelayaran ketujuh dan dimakamkan di laut lepas pantai Malabar dekat Calicut (Kalkuta), India Barat.(***/newworldencyclopedia/republika)

Share the knowledge