Internasional

11 Juni dalam Sejarah: Ingin Teliti Gerhana Venus Malah Temukan The Great Barrier Reef

Pada tanggal ini tahun 2012, penerima Hadiah Nobel dikurangi 20% untuk mencegah kemunduran modal di masa depan. Pada tanggal sama, 1963, Biksu Buddha Thich Quang Duc membakar diri di jalanan Saigon, menciptakan salah satu gambar paling ikonik dari Perang Vietnam. Di tanggal ini pula, 1770, Kapten James Cook menemukan The Great Barrier Reef.

Penjelajah Inggris dan perwira angkatan laut, Kapten James Cook, menemukan Great Barrier Reef pada tanggal ini tahun 1770.

Kapal Cook, The Endeavour, terjebak di satu terumbu karang luas selama satu hari penuh. Para kru terpaksa melemparkan sekitar 50 ton muatan kapal ke laut untuk membebaskan kapal.

Kapal yang mengalami kerusakan parah itu segera diperbaiki sehingga Cook dapat melanjutkan pencariannya untuk “benua selatan” yang terkenal.

Cook dan krunya awalnya meninggalkan Inggris dalam misi ilmiah untuk mengamati dan mendokumentasikan gerhana Venus. Cook juga diberi pesan rahasia, berupa perintah yang disegel oleh Angkatan Laut Kerajaan untuk dibuka setelah menyelesaikan misi ilmiahnya.

Usai menuntaskan misi ilmiahnya, Cook membuka segel kerajaan tersebut yang ternyata memerintahkannya mencari benua utama yang diyakini oleh pembuat peta awal ada di dekat kutub selatan dan mengklaimnya untuk Inggris.

Meskipun Cook tidak berhasil menemukan “benua selatan” yang dimaksud, dia sampai di pantai Selandia Baru dan Australia. Bahkan kapalnya terjebak di satu struktur karang yang luas tersebut.

Ketika dia berlari di atas hamparan karang tersebut pada hari ini di tahun 1770, dia secara tidak sengaja membuat penemuan paling penting: struktur terbesar di dunia yang terbentuk dari organisme hidup, yakni terumbu karang yang kemudian dikenal sebagai The Great Barrier Reef.

The Great Barrier Reef adalah sistem terumbu karang terbesar di Bumi, dengan lebih dari 3.000 terumbu dan terumbu karang yang terpisah. Saking besarnya, struktur terumbu karang besar ini dapat dilihat dari luar angkasa.

The Great Barrier Reef juga merupakan salah satu ekosistem alam paling kompleks, dengan 600 jenis karang dan ribuan spesies hewan mulai plankton sampai ikan paus.

Saat ini, Great Barrier Reef diakui sebagai situs yang sangat penting bagi lingkungan sehingga ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia.(***/sciencenetlinks/nasa)

Sumber foto: Daily Mail

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top