Uncategorized

11 September dalam Sejarah: Teroris Serang Pentagon di Hari Peletakan Batu Pertamanya

source: https://www.constructionbusinessowner.com/management/workforce-management/secrets-pentagon-renovation-programs-success

Salah satu bagian dari Pentagon yang diserang teroris pada 9 September 2001

Pada tangga ini tahun 1973, terjadi kudeta berdarah di Chili. Salvador Allende terbunuh dan kepemimpinan Chili diambilalih  Augusto Pinochet. Tanggal ini tahun 2001 juga tidak terlupakan ketika sejumlah pesawat menabrak Menara WTC, menghancurkan sebuah pesawat penumpang di Shanksville, dan sebagian Pentagon. Tanggal ini juga bersamaan dengan peringatan peletakan batu pertama bangunan segi lima ini.

Pada tanggal ini, tahun 2001, seperti dilansir laman History.com, Pentagon mendekati akhir dari renovasi berskala penuh pertama ketika American Airlines Flight 77 menabrak sisi timur bangunan yang tidak dihuni karena pembangunannya. Tak urung 200 orang kehilangan nyawa dalam serangan itu.

Meskipun perbaikan keamanan yang belum lama dipasang sebelumnya, yang merupakan bagian dari proyek renovasi, termasuk memperkuat beton, tak diragukan berhasil menekan jumlah korban jiwa. Pada saat serangan terjadi, Pentagon sedang memperingati hari peletakan batu pertama pembangunannya di tahun 1941.

Postcomended   23 Juli dalam Sejarah: Foto Bugilnya Beredar di "Penthouse", Vanessa Williams Serahkan Mahkota Miss America-nya

Seperti diketahui, pada tanggal tersebut, aksi terorisme dengan menggunakan sejumlah penerbangan yang dibajak, juga menyerang menara kembar WTC di Manhattan, New York, serta serangan lainnya yang diduga gagal yang semula menarget Gedung Capitol atau Gedung Putih; yang akhirnya jatuh di satu wilayah bernama Shanksville. Total korban dari serangan hari itu diduga mencapai 3.000 jiwa.

Pentagon, bangunan yang menjadi markas Departemen Pertahanan AS ini, dikerjakan dengan cepat oleh lebih dari 15.000 pekerja. Kebutuhan yang mendesak untuk para karyawan segera bekerja  membuat karyawan sempat bekerja di kantor yang masih tanpa dinding.

Konstruksi bangunan yang secara normal bisa memakan waktu 4 tahun, dikebut dengan hanya 16 bulan. Ini berimplikasi pada biaya pembangunan yang semula dianggarkan sebesar 35 juta dollar AS, membengkak menjadi 63 juta dollar AS.

Postcomended   Dr Zakir Naik Kehilangan Kewarganegaraan dalam Pelariannya

Pentagon memiliki lima lantai. Namun yang terlihat dari luar hanya tiga lantai. Dua lantai lainnya dibangun ke bawah tanah. Ini bukan tanpa alasan. Saat akan dibangun, Brigadir Jenderal Brehorn Somervell, kepala cabang konstruksi Korps Quartermaster Angkatan Darat AS, yang ditugasi mencari solusi permanen untuk masalah kekurangan ruang kantor, menginstruksikan Pentagon tidak boleh lebih tinggi dari lima lantai –solusinya dengan menambah dua lantai ke bawah permukaan tanah.

Ini dilakukan karena adanya kekhawatiran bangunan akan mengganggu pandangan yang indah ke dan dari situs Virginia dan Washington, D.C. Alasan lainnya adalah kekurangan komoditas baja akibat perang berkepanjangan, dan akhirnya memilik beton bertulang, 435.000 meter kubik itu. Sebagian besar material pengecor beton dikeruk dari tanah di sekitar Pentagon, termasuk dari Sungai Potomac yang melintas tak jauh dari Pentagon.***

Postcomended   18 September dalam Sejarah: Surat Berisi Anthrax Pertama Dikirim, Tewaskan Lima Orang

 

 

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top