Internasional

12 Agustus dalam Sejarah: Sue Ditemukan, Kerangka T-Rex Paling Utuh yang Pernah Digali

Share the knowledge

Sue, dengan kombinasi replika dari bahan gips, dipajang di Field Museum (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=1acynUqjBAQ)

Sue, dengan kombinasi replika dari bahan gips, dipajang di Field Museum (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=1acynUqjBAQ)

Pada tanggal ini tahun 1990, pemburu fosil,  Susan Hendrickson dari Black Hills Institute of Geological Research di South Dakota, AS, menemukan “Sue”, fosil Tyranosarus-rex (T-rex) dalam keadaan hampir utuh. Sue ditemukan di tanah Reservasi Indian, River Cheyenne. 

Sejak saat itu, Sue –mengambil dari nama kecil Hendrickson– menjadi ikon di bidang paleontologi. Ketika ditemukan, tiga tulang besar Sue menonjol keluar dari tebing dekat Faith, South Dakota, Amerika Serikat (AS).

Kerangka Sue lengkap lebih dari 90 persen dan tulangnya sangat terawat, menjadikannya kerangka T-rex terbesar yang pernah ditemukan; spesimen berusia 65 juta tahun.

Dilansir laman History, majikan Hendrickson, Black Hills Institute of Geological Research, membayar 5.000 dollar AS kepada pemilik tanah, Maurice Williams, untuk hak menggali kerangka dinosaurus itu. Sue dibersihkan lalu diangkut ke kantor pusat institut itu di Hill City, South Dakota.

Presiden Black Hills Institute, Peter Larson, mengumumkan rencana untuk membangun sebuah museum nirlaba untuk memamerkan Sue bersama dengan fosil-fosil lain dari periode Cretaceous. Dikutip dari laman Forbes, dia berharap keberadaan fosil-fosil tersebut dapat menciptakan daya tarik wisata utama ke kota kecil Hill City.

Dalam dua tahun, Sue sudah menarik ribuan pengunjung dan beberapa ahli paleontologi yang ingin melihat spesimen yang fantastis ini. Namun penemuan Sue akhirnya berbuntut tuntutan hukum atas hak kepemilikan tanah tempat Sue ditemukan.

Postcomended   "Jack the Ripper" Cina Ditangap 28 Tahun Sejak Kejahatan Pertamanya

Pada 1992, pertempuran hukum yang panjang dimulai atas Sue. Kantor Pengacara AS, sebut laman History, mengklaim tulang Sue diambil dari tanah federal dan karenanya adalah milik pemerintah. Melalui proses hukum, diketahuilah bahwa  Williams, yang adalah orang dari suku Amerika asli, suku Cheyenne River Sioux, telah memperdagangkan tanah itu.

Williams, dua dekade sebelumnya, telah mentransaksikan tanah tersebut kepada pemerintah untuk menghindari pembayaran pajak properti. Dengan demikian penjualan hak penggaliannya ke Black Hills tidak valid.

Pada Oktober 1997, Field Museum Chicago membeli Sue di pelelangan umum di Sotheby di New York City seharga 8,36 juta dollar AS, dibiayai sebagian oleh korporasi McDonald dan Disney.

Postcomended   Para lmuwan Pembuat Senjata Kimia ISIS, Masih Berkeliaran

Kerangka Sue lalu dipamerkan di Field Museum pada Mei 2000; suatu kerangka T-rex setinggi 13 kaki (sekitar 4 meter) dan sepanjang 42 kaki (sekitar 12 meter) dari ujung kepala hingga ujung kaki. Dia dipajang di salah satu ruang utama museum.

Pameran lain memberi pemirsa pandangan jarak dekat kaki Sue sepanjang lima kaki sekitar 1,5 meter, dan tengkoraknya seberat 2.000 pon (sekitar 900 kg) dengan 58 giginya, beberapa di antaranya sepanjang lengan manusia.

Tulang tulang Sue yang terawetkan telah memungkinkan para ilmuwan menentukan banyak hal tentang kehidupan T-rex. Dikutip dari Forbes, melalui pemeriksaan lingkar tulangnya, para ilmuwan dapat mengatakan Sue berusia 28 tahun ketika dia mati dengan sebab tak diketahui.

Ahli paleontologi ingin tengkoraknya di-CAT-scan namun kala itu tidak ada mesin yang cukup besar, hingga pada 1998 Boeing menawarkan pemindai ukuran industri mereka sehingga para ilmuwan dapat mengetahui lebih banyak tentang otak dan kapasitas sensor Sue.

Kerangka penuhnya menunjukkan bahwa ia memiliki banyak luka yang sembuh selama hidupnya, dan berpotensi menderita infeksi dan bahkan encok. Mereka juga menyatakan, dinosaurus karnivora ini memiliki indera penciuman yang sangat tajam untuk mengendus mangsa.

Postcomended   Sejak Ditemukan Bocah 9 Tahun, Mata Rantai Manusia Semakin Saling Terhubung

Ini dapat diketahui dari umbi olfaktori-nya masing-masing lebih besar daripada otak besarnya; bagian otak yang digunakan untuk berpikir. Tengkorak yang terpasang utuh di The Field Museum adalah replila dari bahan gips, namun tengkorak yang sebenarnya tetap dipajang untuk memudahkan akses ke penelitian.***

 


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top