Internasional

12 Februari dalam Sejarah: Temuan Emas Hari Ini Picu “Gold Rush” di Australia

Share the knowledge

 

Para pencari emas di Australia di era Gold Rush (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=Bbk9mu5tCPk)

Para pencari emas di Australia di era Gold Rush (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=Bbk9mu5tCPk)

Pada tanggal ini tahun 1851, Edward Hargraves, bersama para asistennya, menemukan ladang emas pertama di dekat Bathurst, New South Wales (sekarang Australia). Temuan ini menimbulkan Gold Rush. Gelombang penambang pun mengalir dari seluruh dunia menuju Australia. 

Hargraves segera menulis surat kepada William Northwood, seorang pengusaha Sydney, untuk mengumumkan penemuan emasnya dan mengklaim hadiah 10.000 pound. Pria Inggris ini kemudian dianggap sebagai yang memulai Gold Rush pertama Australia.

Sebelum pergi ke Australia, California adalah sasaran pencarian emas seperti kebanyakan para pencari emas saat itu. Namun Hargraves gagal menemukan emas di sana.

Menurut laman State Library Australia, sebelum sengaja ditambang, penemu emas pertama adalah gembala, surveyor dan pendeta. Pada awal 1823, surveyor James McBrien memperhatikan partikel emas di tepi Sungai Ikan di sebelah timur Bathurst, Australia.

Gembala yang mencari tanah penggembalaan melakukan perjalanan ke barat melintasi Blue Mountains dan pindah ke daratan yang memperlihatkan terumbu kuarsa yang mengandung emas. Seorang mantan narapidana dan gembala bernama McGregor, juga menemukan banyak keping emas di wilayah Wellington dan mengambil sebagian untuk dibawa ke Sydney untuk dipajang di jendela toko perhiasan.

Postcomended   28 Oktober dalam Sejarah: Pejabat Kolonial Belanda Sempat Meremehkan Sumpah Pemuda

Namun baru pada 1840-an eksplorasi emas dibahas secara serius oleh para ahli geologi. Seorang geolog yang juga pendeta Anglikan, William Branwhite Clarke, pada 1841 menjelajahi Blue Mountains untuk mencari fosil. Dia memeriksa lempengan granit di dekat Hartley dan menemukan partikel emas.

Clarke lalu menulis bahwa Australia kaya akan emas. Dia terus mengumpulkan spesimen, hingga pada April 1844 dia memberi tahu Gubernur Gipps tentang temuannya. Namun menurut Clarke sang gubernur malah menyuruhnya menyingkirkan ide itu atau “kita semua akan memotong tenggorokan kita”.

Pernyataan Gipps tersebut mewakili Elit yang berkuasa di Australia yang khawatir temuan emas tersebut akan menimbulkan pemberontakan para terpidana akibat keserakahan demi emas. Seperti diketahui, Australia adalah negeri buangan narapidana dari Inggris. Ada banyak tokoh bandit Inggris yang dibuang ke Australia.

Namun informasi adanya emas di Australia sampai ke telinga Hargraves. Kembali tanpa hasil dari ladang emas California, Hargraves memutuskan melakukan perjalanan ke Wellington selama musim panas 1851. Di satu wilayah bernama Guyong, dia tinggal di penginapan milik keluarga Lister.

Postcomended   12 Juli dalam Sejarah: Gunung Es Seluas Bali Memisahkan Diri dari Antartika

Bersama putra pemilik penginapan, John Lister dan Tom bersaudara, William dan James, Hargraves mencari emas di wilayah bernama Lewis Ponds Creek. Hargraves mengajari para remaja tersebut bagaimana mendulang.  Pada 12 Februari 1851, mereka mulai menemukan bintik-bintik emas.

John Lister dan Tom bersaudara, berperan menemukan emas-emas yang lebih besar yang disebut nugget. Hargraves membeli nugget-nugget ini dan mengirimkannya melalui pos ke Sekretaris Kolonial. Dia mengumumkan bahwa dialah yang telah menemukan emas tersebut.

Hargraves memulai kampanye publisitas, menghasilkan banyak diskusi di wilayah tersebut dan menamai bagian sungai yang menghasilkan emas dengan nama FitzRoy Bar dan Ophir, suatu nama kota emas yang ada di Alkitab.

Hargraves dipuji sebagai pahlawan dan diberi hadiah 10.000 poundsterling oleh pemerintah dan pensiun tahunan sebesar 250 poundsterling dan diberi posisi sebagai Komisaris Crown Lands untuk distrik-distrik emas. Dia menerima banyak hadiah berharga dan menjadi subyek banyak potret kemenangan.

Itu beberapa dekade sebelum John Lister dan Tom bersaudara menerima pengakuan resmi atas peran mereka dalam penemuan emas, yang akhirnya diakui oleh komite terpilih Majelis Legislatif New South Wales pada 1890.

Postcomended   Emas Berkilau Lagi!

William Tom menulis laporan tentang pertemuan Hargraves dan pekerjaan yang dilakukan orang-orang ini dalam mencari emas sebagai bagian dari bukti mereka kepada Majelis Legislatif NSW.***

 

 


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top