Indian Coast Guard mengecek prototype kapsul berawak mereka pada tes Juli 2018 –Air & Space Magazine

Kehidupan sosial ekonomi India boleh jadi tak ada ubahnya dengan negara berkembang lainnya, namun negeri ini perlahan menyetarakan penguasaan teknologinya dengan negara-negara maju. Ini dibuktikan dengan keberhasilan –setidaknya menurut media India– melakukan tes peluncuran kapsul luar angkasa berawak mereka pada Juli 2018 lalu. Keberhasilan ini membuat Perdana Menteri India berani mengumumkan, India akan mengirim manusia ke luar angkasa pada 2022.

Pengumuman itu disampaikan Perdana Menteri Narendra Modi, Rabu (15/8/2018), seperti dilaporkan Associated Press, sebagai bagian dari peringatan hari kemerdekaan India. Dia mengatakan, India akan menjadi negara keempat setelah Rusia, Amerika Serikat (AS), dan Cina, dalam mencapai prestasi mengirim astronot manusia ke luar angkasa.

Pada 1984, India untuk pertamakalinya berhasil mengirim warga negaranya, Rakesh Sharma, melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan menunggangi roket Uni Soviet. Namun program luar angkasanya sendiri telah aktif sejak 1960-an.

Postcomended   Rekor Renang Phelps Dipecahkan "Superman" Berusia 10

Melalui program luar angkasanya yang dimotori Indian Space Research Organisation (ISRO), India telah meluncurkan sejumlah satelit baik untuk kebutuhan negaranya sendiri maupun negara lain, dan berhasil menempatkan satu di orbit di sekitar Mars pada 2014.

Program luar angkasa senilai 1 miliar dollar AS per tahun ini telah membantu mengembangkan teknologi satelit, komunikasi, dan system penginderaan jarak jauh. Selain itu juga telah digunakan untuk mengukur tingkat air bawah tanah dan memprediksi cuaca di negara yang rentan terhadap siklus kekeringan dan banjir.

Mengenai keberhasilan tersebut, laman Nasa Space Flight menulis, India mengambil langkah maju lain dengan program angkasa luar berawaknya, ketika ISRO menguji sistem pelepasan awak dari kapsul dalam kondisi darurat. ISRO disebut belum mengonfirmasi tes itu, tetapi media India mengklaimnya berhasil.

Postcomended   6 September dalam Sejarah: 18 dari 260 Awak Kapal Magellan Tiba di Spanyol, Tanpa Sang Tuan

Pada saat itu, ISRO bahkan belum mengakui bahwa misi ruang angkasa berawak adalah salah satu prioritas tertinggi mereka. Namun agensi ini diam-diam melanjutkan pengembangan kapsul dua awak yang akan diluncurkan menggunakan roket GSLV Mk.III.

Dalam pidato peringatan hari kemerdekaa India pada Rabu 15 Agustus, Modi mengklaim sejumlah keberhasilan dalam empat tahun pemerintahannya, mulai reformasi ekonomi, serta mengurangi kemiskinan dan korupsi. Dia mengatakan India akan menjadi mesin pertumbuhan ekonomi dunia karena “gajah tidur” telah mulai berjalan di belakang reformasi ekonomi struktural.

Perdana menteri asal partai beraliran Hindu, Partai Nasionalis Bharatiya Janata, ini, mengatakan, India adalah ekonomi terbesar keenam di dunia dimana lembaga internasional melihat India akan memberikan kekuatan bagi ekonomi dunia selama tiga dekade ke depan.***

Postcomended   Porsche, Mustang hingga Lamborghini Itu pun Remuk Digilas Buldoser

 

Share the knowledge