Internasional

13 Agustus dalam Sejarah: Telepon Umum Koin Dipatenkan

NYC phone Booths Circa 1980s. Photos by Bill Klipp
All photos © Bill Klipp, not for Commercial Use of any type, for personal use only.
Back in the early 1980s I was wandering around lower Manhattan near Wall street with my camera when I came across a classic New York street scene. With people hustling back and forth to work I noticed a group of 4 phone booths, each being used simultaneously. Just another example of how busy the streets of NYC can be.

Pada tanggal ini 1913, Harry Brearley mulai mengembangkan bahan stainless steel. Pada tanggal ini pula, 1961, tembok Berlin yang memisahkan Berlin Barat dan Berlin Timur mulai dibangun oleh pemerintah Jerman Timur. Ingat Rudi Rubiandini? KPK menangkap Kepala SKK Migas ini pada 2013, dengan tuduhan suap. Sementara itu, abad ke-19 menorehkan sejarah ditemukannya telepon umum koin; sesuatu yang pernah penting namun sekarang mulai punah.

Hari ini, telah lahir generasi yang tak pernah mengenal pentingnya telepon koin. Kini bahkan alat komunikasi jarak jauh telah ada di genggaman masing-masing, meskipun sebenarnya masih cukup mahal untuk kalangan bawah. Masalahnya, kalangan bawah seringkali terkondisikan untuk tidak banyak membutuhkan telekomunikasi.

Ketika telepon diciptakan pada 1876, layanan ini hanya tersedia bagi mereka yang relatif kaya. Sejarahwan perusahaan di AT & T, Sheldon Hochheiser, kepada TIME mengisahkan, layanan telepon dijual kepada individu dalam paket bulanan yang mahal.

Postcomended   Emas Berkilau Lagi!

Ketika kebutuhan akan telepon tumbuh di tahun-tahun setelah penemuannya, seseorang pun tidak perlu memiliki telepon pribadi di rumah atau kantornya, melainkan dapat melalui semacam telepon umum yang menghubungkan orang-orang melalui petugas operator.

Salah satu pertukaran telepon komersial yang paling awal didirikan adalah antara Bridgeport dan Black Rock, Connecticut, Amerika Serikat (AS), dua tahun setelah telepon diciptakan. Orang-orang dapat membayar tarif sebesar 15 sen, kata Hochheiser. Telepon kabin pertama dipatenkan pada 1883. Kabin-kabin ini, kata Hochheiser, biasanya berada di tempat-tempat seperti hotel kelas atas.

Namun pada 1889, solusi baru untuk masalah telepon umum datang dalam bentuk telepon umum yang dioperasikan dengan koin. Telepon umum koin temuan William Gray ini pertama dipasang di sebuah bank di Hartford, Connecticut. Gray sebelumnya diketahui sebagai penemu pelindung dada tiup untuk wasit bisbol.

Telepon umum koin Gray ini merupakan mesin pertama yang mengumpulkan biaya panggilan, tanpa petugas. Menurut sejarah yang dikeluarkan oleh Perusahaan Pembayaran Telepon Gray pada 1930-an, ide telepon koin Gray muncul  pada 1888, ketika istrinya sakit dan dia perlu mendapatkan dokter.

“Dia tidak memiliki telepon di rumahnya; tidak mengherankan,” kata Hochheiser. Jadi Gray pergi ke tempat terdekat di mana dia tahu ada telepon: sebuah pabrik. Awalnya, orang pabrik menolak membiarkannya menggunakan telepon, karena dia bukan pelanggan. Namun pabrik itu akhirnya mengizinkannya ketika dia menjelaskan mengapa dia perlu menggunakan telepon. Pengalaman itu menimbulkan kesan bagi Gray.

Postcomended   Apple Membatalkan Besar-besaran Spesifikasi iPhone 8 yang Kadung Beredar

“Ini membuatnya berpikir harus ada cara yang memungkinkan orang-orang yang tidak memiliki telepon di rumah mereka untuk melakukan panggilan tanpa harus berlangganan bulanan,” kata Hochheiser.

Gray lalu melakukan serangkaian model eksperimental, yang kemudian diajukan patennya pada 1888. Pada 13 Agustus 1889, paten untuk perangkatnya dikeluarkan. Segera setelah itu ia membentuk Perusahaan Stasiun Bayar Telepon Gray (Gray Telephone Pay Station), dan bersama dengan penemu lain bernama George Long, membuat serangkaian perbaikan.

Idenya tertangkap. Dilansir obituari Gray di Hartford Courant, penemuan ini memopulerkan telepon yang telah menjadi kebutuhan bisnis bahkan kebutuhan rumah tangga, dan memungkinkan penggunaan telepon secara publik di tempat-tempat umum tanpa perlu seorang petugas. Hal ini dengan cepat diadopsi oleh perusahaan telepon.

Telepon yang dioperasikan dengan koin paling awal, termasuk telepon Gray, dibayar secara pasca bayar. “Anda membuat panggilan dan ketika Anda selesai, karena semua panggilan telepon memerlukan operator, operator memberi tahu Anda koin apa yang harus disimpan,” kata Hochheiser.

Koin-koin itu kata Hochheiser, akan membunyikan lonceng, menciptakan suara yang dapat didengar oleh operator untuk menentukan jumlahnya. Sementara itu, sistem pra-bayar mulai dikembangkan di dekat pergantian abad, dan pada 1909 muncul perkembangan mekanisme mengembalikan koin jika panggilan tidak berhasil.

Postcomended   14 Juli dalam Sejarah: Wafatnya Sang Polisi Sederhana lagi Jujur

Telepon umum koin “1911 Model 50A”, diproduksi bersama oleh perusahaan yang didirikan Gray dan Western Electric (divisi manufaktur AT & T). Dalam satu atau dua tahun, sebanyak 25.000 unit telepon koin jenis ini dapat ditemukan di New York City saja.

“Mereka dipasang di platform kereta bawah tanah, atau di mana saja yang kemungkinannya paling banyak seseorang perlu melakukan panggilan. Ada di bank-bank di Grand Central Station dan Penn Station,” papar Hochheiser.

Telepon koin luar ruangan membuat debutnya di awal 1900-an, dan menjadi hal yang biasa di tahun 1950-an ketika kaca dan aluminium menggantikan kayu yang sulit dirawat sebagai bahan pembuat kabin telepon umum koin.***

 

 

 

 

 

 

 

 

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top