kapal jenis katamaran di ajang GC32 (kredit: redbull)

Sebanyak 13 kapal katamaran berkecepatan tinggi melaju di genangan air Danau Garda Italia yang indah. Namun dalam satu kompetisi, harus ada yang terbaik atau tercepat. Tim Tilt dari Swiss berhasil meraih gelar tersebut, disusul SAP Sailing Team (DEN) dan Tim Oman Air (Oman) mengambil posisi kedua dan ketiga. Sementara Tim Red Bull harus puas di posisi ketujuh.

Ini merupakan kejuaraan dunia perdana Seri Pelayaran Ekstrem (Extreme Sailing Series) kapal katamaran; kapal dua lambung, untuk Great Cup 32 (GC32). GC32 adalah kejuaraan dunia kelas catamaran hydrofoiling yang diangankan oleh Laurent Lenne dari THE GREAT CUP BV.

Dengan panjang 32 kaki (12 meter) dan terbuat dari serat karbon, katamaran ini memiliki kecepatan tertinggi sekitar 40 knot (74 km/jam; 46 mph). Kapal-kapal katamaran itu berlayar di GC32 Racing Tour, menggantikan Extreme 40’s di Extreme Sailing Series.

Postcomended   28, 29, 30 Agustus: Referendum Bikin Timor Timur Lepas dari Indonesia

Katamaran adalah kapal layar dengan konfigurasi dua lambung kapal. Bila dibandingkan dengan kapal berbadan tunggal, banyak sekali kelebihan dari kapal katamaran, antara lain stabilitas melintang yang lebih baik, hambatan yang kecil, dan area geladak yang lebih luas.

Acara ini melihat armada yang lebih besar dari biasanya dengan Extreme Sailing Series yang dikombinasikan dengan kapal dari GC32 Racing Tour untuk Kejuaraan Dunia GC32 kelas wanita.

Acara ini juga menandai babak kedua dari Extreme Sailing Series. Dengan lima babak tersisa, SAP Sailing Team (DEN) memegang bagian atas leaderboard Extreme Sailing Series, dengan Alinghi (SUI) dan Oman Air (Oman) dalam pengejaran dekat di kedua dan ketiga secara keseluruhan.

Postcomended   ROAD TO GRAND FINAL FBP 2018

Roman Hagara dan Hans-Peter Steinacher telah mengubah Tim Pelayaran Red Bull untuk 2018, merekrut Chris Draper dari Inggris untuk mengambil alih kemudi. Tambahan anggota baru Red Bull Sailing termasuk Neil Hunter (GBR), Dan Morris (AS), Rhys Mara (AUS) dan Ed Powys (GBR).(***/redbullcontentpool/wilipedia)

Share the knowledge