Internasional

13 Maret dalam Sejarah: Aktor Kurt Russel Turut Menjadi Saksi Fenomena Misterius di Langit Pheonix

Share the knowledge

 

Penampakan rangkaian cahaya menghebohkan warga Pheonix. Saksi mata menyatakan cahaya tersebut membentuk formasi V (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=obHYH0Mwczs)

Penampakan rangkaian cahaya menghebohkan warga Pheonix. Saksi mata menyatakan cahaya tersebut membentuk formasi V. Video yang diposting David Collin dapat dilihat di bawah (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=obHYH0Mwczs)

Pada tanggal ini tahun 1997, ribuan warga Pheonix, AS, melaporkan penampakan serangkaian cahaya terang dalam formasi segitiga yang terbang di langit kota. Seketika isu penampakan UFO menyebar karena kejadian ini juga ditonton jutaan orang di televisi.

Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) mengidentifikasi fenomena itu sebagai lampu suar yang dijatuhkan oleh pesawat A-10 Warthog yang sedang melakukan latihan di Barry Goldwater Range, di barat daya Arizona, menurut News.com.au.

Lynne Kitei, seorang dokter yang juga menyaksikan fenomena tersebut mengatakan dia masih tidak tahu apa yang dia lihat hari itu. “Itu adalah formasi selebar satu mil berbentuk seperti bola-bola dan saya menangkapnya secara langsung menjadi huruf V,” katanya kepada 12 News.

Namun dia juga tidak meyakini teori yang dikembangkan Angkatan Udara AS. “Bagaimana bisa suar menjaga formasi, melintasi seluruh negara bagian dan seterusnya selama berjam-jam dalam bentuk V yang solid?” Katanya.
Kitei kemudian dikenal dengan bukunya mengenai peristiwa ini.

Orang lain yang juga mengaku melihat fenomena itu adalah aktor Hollywood, Kurt Russell. Bintang “Escape from LA” ini mengatakan, dia bepergian dengan pesawat pribadi ke Phoenix ketika dia melihat fenomena itu, dengan cepat melaporkannya ke menara kontrol di bandara.

Postcomended   15 Mei dalam Sejarah: Restoran McDonalds Pertama Dibuka di San Bernardino

“Saya akan mengatakan itu adalah (sesuatu yang) tidak dikenal, terbang dan enam objek,” Russel menceritakannya di satu acara bincang-bincang; The One Show. Meskipun banyak saksi yang mengklaim benda-benda terang itu adalah UFO, pakar penerbangan mengatakan penjelasan suar cukup realistis.

Mantan pilot F-16, Ty Groh, mengatakan, suar di langit bertindak seperti balon udara panas dan pergi ke mana angin membawa mereka, dengan hembusan kuat yang mampu mendorong semua suar pada saat yang sama dan pada jarak yang seragam.

Dia menambahkan bahwa benda yang sangat terang, seperti suar, dapat muncul lebih dekat daripada yang sebenarnya ketika dijatuhkan dari kejauhan. “Anda akan melihat pesawat yang terlihat seolah-olah mereka 10 mil (16 km) jauhnya padahal 400 mil (643 km) jauhnya,” katanya kepada 12 News.

Postcomended   R80: Pesawat Rancangan Habibie yang Bakal Lebih Canggih daripada Buatan Prancis

Pada 2014 lalu, beredar video 14 detik yang dapat dilihat di YouTube, yang menunjukkan jet tempur “melibatkan pesawat tak dikenal” di langit di atas AS selatan pada malam salah satu penampakan UFO paling terkenal di dunia ini.

Dalam video tersebut, terlihat pesawat militer AS berpatroli selama terjadinya penampakan Phoenix Lights, ketika serangkaian cahaya terlihat di atas ibukota negara bagian Arizona ini. Rekaman militer diperoleh secara eksklusif oleh jurnalis investigasi AS, David Collins, dari KWBV Investigations yang berbasis di Phoenix, yang kemudian memberi tahu Mirror Online.

Gubernur negara bagian Arizona saat itu, Fife Symington III, dalam sebuah wawancara mengatakan, dia seorang pilot dan tahu hampir setiap mesin yang terbang.

“Saya bisa mengatakan bahwa benda terbang ini tidak menyerupai benda buatan manusia yang pernah saya lihat,” kata Symington, dilansir laman Mirror. Senada dengan Kitei, Symington menyebutkan bahwa itu jelas bukan suar, karena suar tidak terbang dalam formasi.

Postcomended   1 Maret dalam Sejarah: Berhasil Pukau Kongres, Taman Nasional Pertama di Dunia Ini Diresmikan

Sementara itu dalam sebuah posting di blognya, kwbvnews.com, yang menyertai videonya, jurnalis David Collins menulis: “Rekaman rahasia baru yang dirilis menggambarkan pesawat militer di atas cekungan Phoenix dengan menggunakan pesawat yang tidak dikenal.”

Dia mengatakan rekamannya “memverifikasi” bahwa pesawat Angkatan Udara AS hadir malam itu.
Namun, dia menegaskan benda-benda lain dalam video itu “jelas bukan militer”. Peristiwa yang dikenal dengan nama Phoenix Lights ini masih menjadi misteri, sampai detik ini.***

 


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top