Sepenggal Kisah Kelam Kerusuhan Mei 1998; Kekerasan, Pemerkosaan ... Kaskus Sepenggal Kisah Kelam Kerusuhan Mei 1998; Kekerasan, Pemerkosaan, dan Penjarahan Mass

Sepenggal Kisah Kelam Kerusuhan Mei 1998; Kekerasan, Pemerkosaan … Kaskus Sepenggal Kisah Kelam Kerusuhan Mei 1998; Kekerasan, Pemerkosaan, dan Penjarahan Mass

Pada tanggal ini, 1979, Shah Iran dan keluarga dijatuhi hukuman mati di Teheran, Iran. Tahun 1991, Apple merilis Macintosh System 7.0. Tujuh tahun kemudian, kerusuhan pecah di Jakarta. Diawali kegagalan pemerintah memulihkan kondisi ekonomi yang memancing unjuk rasa mahasiswa di seluruh negeri. Insiden penembakan empat mahasiswa memicu kerusuhan massal yang mencapai puncaknya pada 13 Mei.

Tanggal 13 Mei 1998 adalah puncak dari salah satu periode paling gelap dalam sejarah Indonesia. Pada hari itu, pusat perbelanjaan dan banyak kendaraan dibakar, toko-toko dijarah, etnis Cina dipaksa melarikan diri dari rumah-rumahnya. Seusai kerusuhan mereda, muncul laporan kasus pemerkosaan massal terhadap perempuan-perempuan etnis Cina, setidaknya menurut laporan Komisi Nasional (Komnas) Perempuan.

Kerusuhan diawali dengan unjuk rasa anti-pemerintahan yang pecah di seluruh negeri karena pemerintahan Orde Baru pimpinan Suharto gagal mengekang efek krisis ekonomi di seluruh wilayah, yang dipicu krisis moneter global. Indonesia waktu itu kehilangan 13,5 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) dalam satu tahun.

Postcomended   Teropong Bintang Bosscha atau Observatorium Bosscha yang dahulunya bernama Bosscha Sterrenwacht

Rupiah terjun bebas dari Rp 2.400 per dollar AS hingga sempat menyentuh Rp 17.000 per dollar AS. Di bawah tekanan Dana Moneter Internasional (IMF) pemerintah kala itu berusaha menaikkan harga bensin hingga 70 persen. Harga listrik terkerek hingga tiga kali lipat.

Kondisi ini membuat para mahasiswa di seluruh negeri  turun ke jalan-jalan, dan juga menggelar demonstrasi di kampus-kampus kota-kota besar untuk menuntut Suharto lengser.

CATATAN SEORANG AKTIVIS HAM catatan aktivis pelajar Image result for mei 1998

CATATAN SEORANG AKTIVIS HAM catatan aktivis pelajar Image result for mei 1998

Pada tanggal 12, kekerasan menghantam ibu kota setelah pasukan keamanan menembaki kerumunan demonstran mahasiswa yang berkumpul di Universitas Trisakti, Jakarta. Empat mahasiswa Trisakti tewas tanpa kejelasan mengenai siapa dalang utamanya, hingga kini.

Postcomended   Sah! Google Konfirmasi Investasi di Go-Jek

Kerumunan massa yang terprovokasi, menjarah dan membakar toko-toko milik orang Tionghoa, yang mencapai puncaknya pada 13 Mei. Komunitas etnis Tionghoa menjadi target kekerasan yang berlangsung selama berhari-hari, termasuk menjadi korban perkosaan massal yang laporannya muncul setelah kerusuhan mereda.

Lebih dari 1.000 orang tewas di Jakarta saja, termasuk mereka yang menjadi korban kebakaran pusat-pusat perbelanjaan. Perkiraan awal menemukan bukti setidaknya terjadi 168 perkosaan di ibukota Indonesia. Ada 300 lainnya yang dilaporkan secara nasional. Sebagian besar korban adalah wanita etnis Cina.

Peristiwa Mei 1998 di Jakarta : Titik Terendah Sejarah Etnis ... Tionghoa.INFO massa menjarah toko mei 1998

Peristiwa Mei 1998 di Jakarta : Titik Terendah Sejarah Etnis … Tionghoa.INFO massa menjarah toko mei 1998

Tragedi ini akhirnya memaksa Suharto pada 21 Mei menyatakan mengundurkan diri, atau yang menurut istilah dia sendiri adalah “lengser keprabon”, sebagai Presiden Indonesia setelah memerintah secara tiran selama 32 tahun. Pengunduran diri ini disambut sorak sorai rakyat, dan terutama mahasiswa, di seluruh Indonesia.(***/onthisday/vice)