Lifestyle

13 Oktober dalam Sejarah: Istilah Beatelmania Diperkenalkan Surat Kabar untuk Pertama Kali

Share the knowledge

Fenomena hysteria penggemar The Beatles yang membuat media menciptakan istilah untuk mereka sebagai Beatlesmania. (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=zBhzJjjlMkE)

Fenomena hysteria penggemar The Beatles yang membuat media menciptakan istilah untuk mereka sebagai Beatlesmania. (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=zBhzJjjlMkE)

Tahun 1963, popularitas grup band The Beatles yang telah melahirkan penggemar fanatik yang menjerit-jerit histeris, membuat media arus utama menciptakan istilah “Beatlemania”, terlebih setelah tampilan mereka di London Palladium hari ini, Minggu, 56 tahun silam.

Dikutip dari laman Beatles Bible, Sunday Night At The London Palladium milik Val Parnell adalah program hiburan beragam yang secara teratur menarik khalayak TV Inggris hingga 15 juta orang. Persaingan untuk tampil di acara ini sangat sengit, dan The Beatles tidak mau mengambil risiko setelah menghabiskan latihan pada malam sebelumnya.

Di awal pertunjukan, keempat anggota The Beatles sempat muncul sebentar, sebelum komplotan Bruce Forsythe mengatakan kepada hadirin, “Jika Anda ingin melihat mereka lagi, mereka akan kembali dalam 42 menit.”

Postcomended   Startup Hermeus Berencana Bangun Pesawat Lima Kali Kecepatan Suara

Empat puluh dua menit kemudian, lebih atau kurang, empat pemuda asal Liverpool ini pun mebuasai puncak acara malam itu; menutup pertunjukan selama satu jam.

Mereka memulai tampilannya dengan “From Me To You”, diikuti oleh “I’ll Get You”, yang diperkenalkan oleh Paul McCartney dengan beberapa interupsi riang dari John Lennon. Hit terbaru mereka, “She Loves You”, berikutnya, diumumkan secara kolektif oleh John, Paul, dan George.

Saat Paul berusaha mengumumkannya, suaranya tenggelam oleh hiruk pikuk, jeritan disertai tangis para fans fanatic yang hadir. John menggunakan isyarat meminta mereka untuk “tutup mulut”, yang disambut tepuk tangan oleh anggota yang lebih tua di antara hadirin.

Postcomended   Taylor Swift dan The Beatles pun Menyerah kepada Spotify #SURUHGOOGLEAJA

Paul kemudian meminta mereka semua untuk bertepuk tangan dan menginjak kaki mereka, dan mereka memulai “Twist And Shout”.

Penampilan The Beatles di acara tersebut ditampilkan di berita ITN, lengkap dengan cuplikan dari ruang ganti mereka. Keesokan harinya, wartawan surat kabar menulis halaman depan “terengah-engah” tentang para penggemar yang berteriak-teriak tak terkendali; fenomena Beatlemania yang mendominasi gelombang udara dan pers hingga bertahun-tahun kemudian.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top