Internasional

13 September dalam Sejarah: 15 Tewas Ketika Bursa Efek Jakarta Dirobek Bom

Share the knowledge

 

Spekulasi beredar bahwa pemboman BEJ pada September 2000 terkait dengan pengadilan korupsi yang dilakukan Suharto. (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=LRYjU6725s0)

Spekulasi beredar bahwa pemboman BEJ pada September 2000 terkait dengan pengadilan korupsi yang dilakukan Suharto. (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=LRYjU6725s0)

Pada tanggal ini, ketika abad Millenium baru memasuki bulan ke-9, satu bom mobil merobek  lantai parkir Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia) dan menewaskan 15 orang. Pelakunya diduga terkait Gerakan Aceh Merdeka. 

Ini adalah pemboman keempat di Jakarta sejak Juli 2000, dan yang paling mematikan. Bom meledak sekitar 45 menit sebelum penutupan penjualan yang dilakukan setiap pukul 16.00, sehari sebelum pembukaan Olimpiade musim panas 2000, dan dua hari sebelum dimulainya kembali pengadilan korupsi Suharto,

Setelah melakukan penyelidikan terhadap 16 saksi, kepolisian menduga bom berbahan RDX yang bersumber dari mobil Toyota Corona Marx II yang terparkir di sana.

Mark Bowling dari radio ABC Australia dalam laporannya mengatakan, bom memicu reaksi berantai. Puluhan mobil terbakar. Sebagian besar yang tewas adalah pengemudi yang menunggu di mobil mereka. Banyak yang berlindung di kendaraan mereka tetapi mati lemas karena asap hitam yang membubung memenuhi seluruh lantai dasar.

Ketika petugas penyelamat berhasil mencapai ruang bawah tanah, lapor Bowling, tingkat kerusakannya jelas. Tumpukan puing di mana pihak berwenang berharap menemukan lebih banyak mayat.

Postcomended   Wacana "Peluru Darah Babi" Donald Trump, dan Kengerian Muslim pada Babi

Dalam waktu 12 hari, aparat berhasil meringkus enam tersangka. Mereka adalah Ibrahim AMD bin Abdul Wahab, Sersan Irwan alias Irfan, Kopral Ibrahim Hasan, Iswadi H. Jamil, Tengku Ismuhadi Jafar, dan Nuryadin. Dua tersangka tantara diduga yang menanam bom di parkiran bawah tanah BEJ.

Laman Historycommonc.org menulis, salah satu tersangka mengatakan, target selanjutnya adalah kedutaan AS dan department store Jakarta. Pemerintah mengatakan, pemberontak Islam dari provinsi Aceh berada di belakang pemboman itu.

Postcomended   Apa itu Kelompok Maute?

Namun, sedikit bukti tentang hal ini disajikan di pengadilan, dan banyak analis mencurigai elemen-elemen di militer terlibat sebagai bagian dari intrik politik tingkat tinggi.

Pemboman yang terjadi dua hari sebelum dimulainya kembali pengadilan korupsi mantan presiden Suharto, menimbulkan spekulasi kuat –termasuk yang diungkapkan Polri– bahwa pengeboman mungkin terkait dengan pengadilan korupsi mantan Presiden Soeharto.

Salah satu spekulasi yang beredar adalah bahwa para pendukung Suharto diduga bermaksud menekan pemerintah Indonesia saat ini untuk tidak bertindak melawan Suharto. Menurut BBC yang diukutip Historycommons.org, salah satu putra Soeharto ditangkap karena diduga berperan dalam pemboman awal tahun itu, namun kemudian dibebaskan.

Pada 2002, surat kabar utama Australia, The Age, menyebutkan bahwa, “Elemen militer Indonesia siap untuk menimbulkan korban besar-besaran dan gangguan ekonomi besar-besaran di ibukota mereka sendiri untuk keperluan itu politik tingkat elit.”***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top