source: www.wearable.nl/vintage/zo-zag-een-harde-schijf-van-vijf-megabyte-eruit-in-1956/

Repotnya mendistribusikan komputer RAMAC (sumber: wearable.nl)

Pada tanggal ini, ketika abad Milenium baru memasuki bulan ke-9, satu bom mobil meledak di lantai parkir Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia) dan menewaskan 15 orang. Pelakunya diduga terkait Gerakan Aceh Merdeka. Pada 1985, video game legendaris, Super Mario Bros, dirilis oleh Nintendo. Hari ini, 1956, juga menjadi tonggak lahirnya teknologi komputer yang dikenal saat ini ketika IBM melahirkan RAMAC 305 yang berbobot lebih dari satu ton. Apa arti RAMAC?

RAMAC yang adalah singkatan dari Random Access Method of Accounting and Control, merupakan komputer komersial pertama dengan hard disk drive (HDD) yang menggunakan penyimpanan disk magnetik dan dapat menyimpan data 5MB.

Begitu besar dan berat, sehingga untuk memindahkannya diperlukan forklift. Sistem komputer 305 RAMAC yang asli dapat ditempatkan di ruangan sekitar 9×15 meter. Sebanyak 350 unit penyimpanan disk itu sendiri berukuran sekitar 1,5 meter persegi. Mesin ini menyimpan 5 juta 8-bit (7 bit data plus 1 bit paritas) karakter, setara dengan 64.000 punch card, pada 50 disk magnetik 24-inci.

Postcomended   20 Oktober dalam Sejarah: Diktator Libya Tewas Diseret dan Disiksa "Pejuang Libya"

Dua lengan akses independen di bawah kontrol servo bergerak ke atas dan ke bawah untuk memilih disk serta masuk dan keluar untuk memilih track rekaman. Waktu rata-rata untuk menemukan satu data adalah 600 milidetik.

Dikatakan bahwa pada tahun-tahun IBM memproduksi mesin RAMAC, penyimpanannya bisa ditingkatkan, tetapi departemen pemasaran Big Blue menolak melakukannya karena mereka tidak melihat bagaimana computer dengan jumlah penyimpanan seperti itu dapat dipasarkan.

IBM menyewakan sistem RAMAC 305 dengan 350 penyimpanan disk seharga 3.200 dollar AS per bulan; harga yang cukup mahal di tahun 1950-an, tetapi juga layak untuk perusahaan yang menginvestasikan jam dan sumber daya dalam sistem punch card kuno.

Postcomended   11 Mei dalam Sejarah: Mossad Culik Seorang Pentolan Nazi dari Argentina

Punch card adalah selembar kertas kaku yang berisi perintah untuk mengendalikan mesin otomatis maupun data untuk aplikasi pengolahan data. Dikenal juga sebagai kartu Hollerith. RAMAC pertama digunakan di industri otomotif AS, yang dipasang di divisi MOPAR Chrysler pada 1957.

Lebih dari 1.000 sistem dibangun sebelum produksi berakhir pada 1961. RAMAC menjadi usang satu tahun kemudian ketika unit penyimpanan disk IBM 1405 untuk IBM 1401 diperkenalkan. Sistem 305 ini ditarik pada 1969.***

 

 

 

Share the knowledge