https://www.pangandaran.travel/kerata-api.html

Stasiun Pangandaran. Masih adakah bangunannya? (sumber foto: www.pangandaran.travel)

Di awal-awal masa kegubenurannya, dua pengumuman dirilis Ridwan Kamil. Selain mengumumkan akan mengubah Kalimalang di Bekasi menjadi bak Cheyonggyeceon di Korea Selatan, yang memercik keramaian di media sosial, Gubernur Jabar baru ini juga mengumumkan tentang rencana membuka kembali jalur-jalur kereta api yang mati ke sejumlah daerah tujuan wisata seperti Ciwidey dan Pangandaran. 

Ridwan merilis informasi ihwal rencana membuka kembali jalur kereta lama ini di akun Instagramnya. “Siap-siap ke Pangandaran, Kawah Putih, dan Jatinangor naik kereta api,” tulisnya, seraya memosting dua foto yang telah dimozaik terkait Pangandaran dan Ciwidey,” tulisanya.

Dia melanjutkan, bahwa “rapat kerja dengan direksi PT KAI @kai121_ , membahas akselerasi 4 jalur baru rel kereta api untuk jawa Barat: 1. Jakarta-Bandung-Pangandaran, 2. Bandung Ciwidey, 3. Bekasi-Bandung-Garut, 4. Bandung-Rancaekek-Jati Nangor-Tanjung Sari-Sumedang.

“Jawa Barat harus seperti Eropa dimana urat nadi ekonomi dan transportasinya mayoritas berbasis kereta api. Tahun depan jalur Bandung-Garut jika tidak ada kendala bisa selesai. Doakan lancar. #JABARJUARA,” tulisnya.

Beberapa follower dari sebanyak 8,7 juta follower-nya, berekasi. Akun @mukhtar_omar93 menulis: “Kenapa baru ada kereta ke jatinangor setelah saya lulus 😢”. Akun lainnya, @dnoermalina, berkata: “Pa @ridwankamil punten jalur kereta cianjur-bandung juga di adain lagi😊”

Akun @nandyapriansahgmail bereaksi: “😢😢😢😢upami cianjur selatan iraha nya diperhatosken. abimah hoyong aya jalur kereta api bandung cianjur selatan…” tulisnya dalam Bahasa Sunda yang artinya: kalua CIa njur Selatan kapan diperhatikan? Saya ingin ada alur kereta api Bandung-Cianjur Selatan. Akun @alcangehgari menulis: “Mantap pak.. Rel cikacepit bisa beroperasi lagi.”

Postcomended   Rokok Vape Memicu Mutasi DNA Penyebab Kanker

Ide membuka jalur-jalur kereta lama dan mati ini sebenranya telah ada sejak lama, termasuk antara lain jalur ke Jatinangor dan Ciwidey. Namun memang belum pernah dieksekusi seserius-tampaknya saat ini.

Indeks Kebahagiaan Jabar Jeblok

Seperti ketika pertama menjabat sebagai Wali Kota Bandung, salah satu target Ridwan untuk lima tahun ke depan adalah ingin menaikkan indeks kebahagiaan warganya, demikian juga sekarang sebagai Gubernur Jawa Barat (Jabar). Apalagi indeks kebahagiaan warga Jabar jeblok di posisi ke-29 dari 34 provinsi.

Sejumlah program yang diklaim sukses di Kota Bandung akan diterapkan di Jabar demi memberi kebahagiaan warganya tersebut. Ukuran keberhasilan ini misalnya pernah dirilis Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung bersama Laboratorium Quality Control Departemen Statistika Universitas Padjadjaran pada September 2017.

Postcomended   Presiden Jokowi : Wisata Trend-nya Anak Muda

Indeks Kebahagiaan Kota Bandung, menurut kedua Lembaga tersebut, tergolong sangat bahagia, yakni di posisi 73,42, naik 0,15 dibanding 2016. Karenanya Ridwan mengaku akan menduplikasi beberapa program yang dibuatnya di Kota Bandung untuk Jabar, mulai dari membangun ruang-ruang publik, bertemu dengan warga tidak mampu, hingga program Mobil Kekasih (Kanseling Silih Asih).

Gagasan akan mengubah Kalimalang di Bekasi menjadi seperti sungai Cheyonggyeceon di Seoul, Korea Selatan, misalnya, dipraktikkan Ridwan terhadap Cikapundung, Bandung, meskipun praktiknya tak seindah yang dibayangkan. Seiring membuat warga banyak beraktifitas di luar ruang, masalah kronis ikutan seperti bau pesing dan sampah, tak banyak mengalami perubahan.(***/dariberbagaisumber)

Share the knowledge