Pada tanggal ini tahun 1913, Pemerintah Hindia Belanda membentuk badan kepurbakalaan Oudheidkundige Dienst (OD), untuk menangani candi-candi purbakala yang ditemukan di Nusantara dengan lebih intensif. Pada tanggal ini juga, 2013, Pemerintah AS menuntut pembocor dokumen badan keamanan nasional AS, dengan UU Spionase. Dia terancam hukuman penjara 10-30 tahun.

Edward J. Snowden, mantan kontraktor badan keamanan nasional AS (NSA) telah dituduh melanggar UU Spionase dan mencuri properti pemerintah karena mengungkapkan informasi rahasia kepada harian The Guardian dan The Washington Post. Pada 14 Juni 2013, jaksa federal di Distrik Timur Virginia, mengajukan tuntutan terhadapnya.

Atas tuntutan tersebut, Snowden terancam diganjar hukuman penjara maksimal 10 tahun, dengan total 30 tahun, bahkan bisa saja ditambahkan.

Selain tuduhan pencurian, dua tuduhan di bawah Undang-Undang Spionase itu termasuk “komunikasi yang tidak sah dari informasi pertahanan nasional” dan “komunikasi yang disengaja atas informasi komunikasi intelijen kepada pihak tak berwenang.

Komunikasi Intelijen adalah istilah teknis untuk menguping serta upaya penyadapan elektronik lainnya.

Para pejabat Amerika mengatakan mereka telah meminta pihak berwenang di Hong Kong, di mana Snowden diyakini bersembunyi, untuk menahannya sementara surat dakwaan dan permintaan ekstradisi disiapkan.

Upaya untuk mengekstradisinya kemungkinan akan menghasilkan pertempuran hukum panjang yang hasilnya tidak pasti. Perjanjian ekstradisi antara Amerika Serikat dan Hong Kong termasuk pengecualian untuk pelanggaran politik, dan Snowden bisa saja lolos dengan menyatakan bahwa penuntutannya bersifat politis.

Hong Kong memiliki otonomi terbatas, tetapi hal-hal yang melibatkan keamanan nasional dan kebijakan luar negeri dikendalikan oleh Beijing. Regina Ip, mantan sekretaris keamanan Hong Kong dan anggota Kongres (waktu itu), mengatakan, pemerintah Hong Kong tidak punya pilihan selain mematuhi surat perintah penangkapan. Selain itu, Ip menyebutkan bahwa polisi AS akan pergi dan menemukan Tuan Snowden.”

Namun Ip menyadari, Snowden dapat menunda ekstradisi dengan mengklaim bahwa dia “melakukan pelanggaran politik” atau dia dapat mengajukan permohonan suaka, “Ini bisa memakan waktu 10 tahun,” kata Ip.

Seperti diketahui, pada Agustus 2013 Snowden memperoleh suaka di Rusia setelah sebelumnya terdampar selama lebih dari sebulan di bandara Sheremetyevo Moskow. Laporan di Rusia mengatakan Snowden telah diberikan suaka sementara selama satu tahun.

Pada Januari 2017, hak suaka Snowden di Rusia diperpanjang selama beberapa tahun. Pengacaranya mengatakan, dia akan segera memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan kewarganegaraan Rusia.

Namun pihak Kremlin mengatakan, setelah pembebasan Chelsea Manning, pembocor dokumen rahasia AS lainnya terkait operasi AS di Irak, Snowden bisa saja memutuskan tetap tinggal di Rusia atau dia mungkin ingin kembali ke Amerika Serikat.(***/nytimes/telegraph/wikipedia)

Share the knowledge