Pada tanggal ini tahun 1812, Moskwa dibakar agar tidak direbut Napoleon yang telah memenangkan pertempuran berdarah Borodino atas tantara Rusia, meninggalkan pasukan besar Napoleon tanpa alat untuk bertahan hidup pada musim dingin Rusia yang akan datang. Pada 1886, George Anderson dari Memphis, Tennessee, AS, mendapatkan paten pertama untuk pita mesin tik. Pada tanggal ini juga tahun 786, Harun al-Rasyid menjadi kalifah Abbasiyah, menggantikan kakaknya yang mati misterius.

Setelah kematian kakak kandungnya yang misterius pada 786, Harun al-Rasyid, pada tanggal ini masih di tahun sama, menggantikannya sebagai khalifah kelima dari Kekaisaran Abbasiyah.

Lahir dari khalifah Mansur al-Mahdi dan budak perempuannya Yaman yang telah dimerdekakan bernama Jurasyiyah al-Khayzuran, Harun dibesarkan di istana dan menerima sebagian besar pendidikannya dari Yahya si Barmakid, yang merupakan pendukung setia ibunda Harun. Harun dinobatkan sebagai pewaris takhta raja kedua setelah kakaknya, Musa al-Hadi.

Sebelum beranjak dari masa remajanya, Harun telah dijadikan pemimpin nominal (sekadar nama) dari beberapa ekspedisi melawan Kekaisaran Romawi Timur. Kesuksesannya, atau lebih tepatnya keberhasilan para jendralnya, menyebabkan dia mendapat gelar “al-Rasyid” yang artinya “orang yang mengikuti jalan yang benar” atau “yang adil”. Dia juga ditunjuk sebagai gubernur Armenia, Azerbaijan, Mesir, Suriah, dan Tunisia, yang diberikan Yahya kepadanya.

Postcomended   3 November dalam Sejarah: Umar bin Khattab Dibunuh Saat Memimpin Salat

Setelah ayah mereka, al-Mahdi, meninggal, kakak Harun, Musa al-Hadi, naik ke tampuk pimpinan kekhalifahan. Alih-alih mempersiapkan adiknya sebagai penerus kekhalifahan, al-Hadi malah mengkader anak laki-lakinya sebagai putra mahkota. Ada yang berpendapat bahwa Musa tidak menginginkan saudaranya itu untuk menggantikannya.

Sekitar setahun kemudian, al-Hadi meninggal secara misterius. Banyak yang menduga bahwa ia dibunuh seseorang yang diupah ibunya sendiri. Harun pun menggantikan kakaknya sebagai khalifah pada 14 September tahun itu.

Al-Khayzuran memiliki pengaruh yang besar atas putranya sampai kematiannya pada 803. Kaum Barmakids kemudian secara efektif menjalankan kekaisaran untuk Harun. Dinasti-dinasti regional diberi status semi-otonom dengan kewajiban membayar iuran tahunan yang cukup besar.

Postcomended   Menyambut Seruan Stabilitas Lebanon, Hariri Batal Undur Diri

Iuran ini telah memperkaya Harun, namun melemahkan kekuatan para khalifah regional. Harun juga membagi kerajaannya di antara putra-putranya, al-Amin dan al-Ma’mum, yang pergi berperang setelah kematian Harun.

Dengan kekayaan melimpah yang menyokong gaya hidupnya, Harun bagaimanapun telah mewariskan peninggalan seni yang megah. Dia memang dikenal sebagai pelindung seni.

Beberapa kisah mengenai kemegahan yang tertera dalam cerita “Seribu Satu Malam” paling awal, yang terinspirasi oleh istana Baghdad yang berkilauan, dan karakter Raja Shahryar, yang istrinya Scheherazade menceritakan kisah-kisah itu, mungkin didasarkan pada kisah Harun.

Akan tetapi di bawah kepemimpinannya, Islam juga disebut mengalami Era Keemasan Islam (The Golden Ages of Islam). Di tangannya, wilayah kekuasaan Islam semakin menyebar luas, mulai dari Timur Tengah, Eropa, Asia, Afrika, hingga sebagian benua Amerika.

Perhatiannya yang besar terhadap kesejahteraan rakyat, perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, perdagangan, politik, wilayah kekuasaan, serta peradaban Islam, telah membuat Dinasti Abbasiyah menjadi salah satu negara adikuasa dunia pada abad ke-8 M.(***/dariberbagaisumber)

Postcomended   9 Juli dalam Sejarah: "Manifesto Russel-Einstein" Ditandatangani Sejumlah Ilmuwan Dunia

 

Share the knowledge