Buy me a coffeeBuy me a coffee
Ekonomi

15 Maret dalam Sejarah: Henry Royce dan Charles Rolls Mendirikan Perusahaan Mobil

Share the knowledge

 

Rolls-Royce 40/50 Silver Ghost enam silinder, produksi pertama perusahaan Rolls-Royce, yang menjadi kunci kesuksesan perusahaan mobil Inggris ini (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=G_YpJHywGVE)

Rolls-Royce 40/50 Silver Ghost enam silinder, produksi pertama perusahaan Rolls-Royce, yang menjadi kunci kesuksesan perusahaan mobil Inggris ini (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=G_YpJHywGVE)

Pada tanggal ini tahun 1906, Charles Rolls dan Henry Royce sepakat mendirikan perusahaan Rolls-Royce. Kesepakatan ini dimulai ketika Rolls terkesan oleh mobil Royce 2 silinder, yang membuat Rolls setuju mengambil semua mobil yang bisa diproduksi oleh Royce. 

Royce telah memiliki hasrat bisnis sejak awal. Pada akhir abad ke-19, tepatnya tahun 1884, Royce membuat kemitraan dengan seorang temannya dan mulai membuka bisnis pembuatan perlengkapan listrik.

Laman Today in British History melaporkan, setelah beberapa kali pengulangan produksi, pada 1899 mereka membentuk Royce Ltd untuk bisnis alat listriknya itu. Akan tetapi, sebagai wirausahawan, Royce menyadari bahwa bisnis di bidang manufaktur listrik menjadi terlalu kompetitif.

Postcomended   Neymar Dituduh Lakukan Serangan Seksual pada Perempuan yang Dikenal via Instagram

Dia merasa bahwa produk yang berbeda diperlukan untuk menjaga kelangsungan perusahaannya. Selama ini, Royce selalu terpesona pada hal-hal mekanis, inilah yang membuat dia memilih mobil sebagai jalan baru yang potensial untuk bisnisnya.

Pada 1902, Royce telah membeli dua mobil yang berbeda dan mendapati kedua mitra ini menginginkannya. Setelah memutuskan untuk membangun mobilnya sendiri, Royce menghabiskan dua tahun berikutnya bereksperimen dan membangun mobil.

Pada 1904, Royce telah membangun tiga mobil. Salah satunya dijual kepada direktur perusahaan, seorang pria bernama Henry Edmunds. Edmunds berteman dengan Charles Rolls, seorang pengusaha yang menjalankan showroom mobil di London yang menjual barang impor.

Edmunds menunjukkan mobil buatan Royce ke Rolls dan kemudian mengatur agar keduanya bertemu, sebuah pertemuan yang terjadi pada Mei 1904. Terkesan oleh mobil Royce 2 silinder, Rolls setuju untuk mengambil semua mobil yang bisa diproduksi oleh Royce.

Postcomended   Defisit Neraca Transaksi Berjalan RI Menggelembung ke Posisi Tertinggi

Mobil Rolls-Royce pertama, 10-hp, diperlihatkan di Paris Salon pada Desember 1904. Kualitas mobil Rolls-Royce awal yang menyebabkan peningkatan popularitas cepat, membuat Royce dan Rolls sepakat membentuk Rolls- Royce Limited pada 15 Maret 1906.

Pada tanggl ini kedua pria ini membentuk Piagam perusahaan berisi pernyataan berwawasan ke depan bahwa perusahaan harus memproduksi mesin untuk digunakan “di darat atau air atau di udara”.

Setelah mengumpulkan modal hingga 100.000 poundstering dengan menjual saham publik di perusahaan baru, Royce mulai mengembangkan model yang sama sekali baru.

Setelah perusahaan pindah ke pabrik baru di Derby (Inggris), semua fokus ditempatkan pada produksi dan pemasaran Rolls-Royce 40/50 Silver Ghost enam silinder. Berkat standar menuntut Royce, Silver Ghost dengan cepat membangun reputasi Rolls-Royce Limited sebagai produsen mobil kelas atas.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


Buy me a coffeeBuy me a coffee
Buy me a coffeeBuy me a coffee
To Top