Ekonomi

15 Mei dalam Sejarah: Restoran McDonalds Pertama Dibuka di San Bernardino

Share the knowledge

 

Gerai McDonalds pertama di San Bernardino (gambar dari: https://scroll.in/video/837678/watch-on-may-15-1940-the-first-mcdonalds-restaurant-opened-in-san-bernardino-california)

Gerai McDonalds pertama di San Bernardino (gambar dari: https://scroll.in/video/837678/watch-on-may-15-1940-the-first-mcdonalds-restaurant-opened-in-san-bernardino-california)

Pada tanggal ini tahun 1940, toko burger McDonald’s (McD) membuka restoran pertamanya di dunia, tepatnya di San Bernardino, California, AS. Kini, gerai McD sudah mencapai lebih dari 37 ribu di seluruh dunia.

Restoran di San Bernardino ini dibuka oleh dua bersaudara Richard dan Maurice McDonald, dan menamakannya “Bar-B-Q” McDonald. Mereka tidak akan pernah akan menyangka bahwa restoran burger sederhana mereka bakal menjadi raksasa global restoran cepat saji.

Dikutip dari Scroll.in, meskipun awalnya seperti restoran lain dengan pengunjung sedang pesanannya ditunggui oleh pegawainya, McDonald segera beralih ke “sistem cepat” dan menyederhanakan pengalaman memesan, membuat harga bisa ditekan karena biaya operasional yang lebih rendah.

Layanan mandiri dan lebih sedikit penawaran pada menu –hanya burger, kentang goreng dan milkshake– ditambah dengan produksi jalur perakitan, memastikan keberhasilan restoran asli ini. Delapan tahun kemudian mereka mengganti nama restoran mereka menjadi McDonald saja.

Pada 1953, McDonald bersaudara menawarkan peluang waralaba pertama, dan sisanya, seperti yang mereka katakan, adalah sejarah. Ray Kroc, seorang penjual milkshake, mengawasi ekspansi tersebut, yang melihatnya beralih dari bisnis makanan cepat saji menjadi bisnis real estat (properti): jual beli gerai waralaba.

Postcomended   Beijing dan Berlin Bangkangi AS, Namun Perusahaan-perusahaan Eropa Goyah

Kroc berminat dan mendapatkan hak waralaba untuk sebagian besar McD di Amerika Serikat dengan imbalan 1,9% royalti atas penjualan kotor. Kroc lalu mendirikan McDonald’s Corporation.

Apa yang terjadi setelah itu adalah masalah perdebatan, diperebutkan oleh kedua belah pihak. Kroc dengan gembira menyatakan bahwa dia ”mengusir (McDonald) bersaudara dari bisnis ini” dalam wawancara tahun 1973 dengan TIME. Dia juga menyatakan bahwa dia bermitra dengan McD bersaudara itu untuk nama McDonnald’s.

“Aku membutuhkan nama McDonald dan ‘lengkungan emas’ itu,” kata Kroc. “Apa yang akan kamu lakukan dengan nama seperti Kroc?” Menanggapi wawancara itu, McDonald bersaudara menulis surat kepada editor, dengan tegas menyangkal klaim itu.

”Ray secara jenaka mengatakan ketika dia memberi tahu reporter bahwa dia mengusir kami dari bisnis ini. Adikku dan aku (Richard dan Maurice) sudah pensiun dua tahun sebelumnya untuk penjualan, dan tinggal di Santa Barbara, California. Kami telah mengubah operasi unit San Bernardino menjadi beberapa karyawan lama kami yang mengoperasikan drive-in selama tujuh tahun.  Ray Kroc selalu orang iseng yang hebat dan mungkin tidak bisa menahan godaan untuk menusukku,” kata McD bersaudara.

Postcomended   AS Mendakwa Dua Pria "Hacker" yang Diduga Berafiliasi dengan Dinas Intelijen Cina

Pada 1960, Kroc membeli perusahaan itu dari McDonald bersaudara seharga 2,7 juta dollar AS (sekitar Rp 37 miliar dengan kurs Rp 14.000). Frustrasi dengan kurangnya ambisi McD bersaudara, Kroc kemudian membeli seluruh bisnis dari mereka. Pada 21 April 1965, dia mendaftarkan perusahaan ini di Bursa Efek New York.

Dilansir Moneyweek, pada tahun 1967, cabang internasional pertama dibuka di British Columbia, Kanada, dan pada 1968 McDonald sudah memiliki 1.000 restoran. Ekspansi internasional di Asia dan Eropa dimulai pada tahun 1971.

Selama tahun 1980-an perusahaan berhasil menangkis persaingan dari rantai saingan, sambil terus berkembang: cabang-cabang di Moskow dan Shenzhen dibuka pada tahun 1990. Tetapi baru-baru ini, kritik bahwa makanan perusahaan tidak sehat dan menyebabkan obesitas telah mengakibatkan turunnya penjualan.

Namun, McDonald telah membuat investornya (di bursa efek) kaya raya. Sementara harga Big Mac, yang memulai debutnya pada 1967, telah naik lebih dari sepuluh kali lipat dari 0,45 dollar AS menjadi 4,79 dollar AS (di AS), harga saham yang disesuaikan sekarang sudah 488 kali nilai pada tahun 1970.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top