Internasional

16 Juli dalam Sejarah: Apollo 11 Lepas Landas dari Cape Canaveral, Membawa Neil Armstrong

Share the knowledge

 

Apollo 11 saat diluncurkan dari Kennedy Space Center, 16 Juli 1969 (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=mmJfQLUTcKg)

Apollo 11 saat diluncurkan dari Kennedy Space Center, 16 Juli 1969 (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=mmJfQLUTcKg)

Pada tanggal ini tahun 1969, pesawat ruang angkasa yang kemudian menjadi ikonik, Apollo 11, lepas landas dari Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat (AS), dengan tiga orang awak. Dua dari mereka akan menjadi orang pertama yang berjalan di bulan.

Apollo 11, yang merupakan bagian dari Program Apollo, lepas landas pukul 08.32 pada 16 Juli 1969, menggunakan  roket Saturn V yang mendorong pesawat ruang angkasa itu ke orbit hanya dalam waktu lebih dari 11 menit.

Dilansir laman BBC, Saturn V hingga saat ini memang merupakan roket terbesar dan paling kuat yang pernah dibuat. Dia membakar sekitar 20 ton bahan bakar per detik saat diluncurkan. Itu cukup untuk mengangkat 130 ton ke orbit Bumi, dan mengirim 43 ton ke Bulan;  berat yang setara dengan hampir empat bus London.

Postcomended   Dengan Surat Tiga Paragraf, Trump Batalkan Pertemuan dengan Kim

Menurut Lunar and Planetary Institute, misi Apollo 11, seperti dikutip laman fox10phoenix.com, ditetapkan sebagai pendaratan Bulan pertama dari keseluruhan Program Apollo. Pesawat ruang angkasa yang memiliki tinggi 363 kaki (sekitar 110 meter) tersebut memuat tiga astronot.

Mereka adalah: Neil Armstrong, komandan misi; Michael Collins, pilot modul komando; dan Edwin “Buzz” Aldrin, pilot modul bulan. Ketiga kru tersebut melakukan perjalanan selama tiga hari lebih sedikit untuk mencapai orbit Bulan, sebelum kemudian membuat sejarah.

Mereka menghabiskan delapan hari bersama dalam satu kotak seukuran mobil besar; bukan tempat yang nyaman bagi para klaustrofobik.

Postcomended   Pabrik Bayi Nigeria: Ketika Wanita-wanita Diperkosa dan Dibuat Hamil

Pada 20 Juli, Armstrong dan Aldrin menjadi manusia pertama yang menginjakkan kakinya di Bulan, namun Armstrong lah yang terlebih dulu turun dan berjalan di atas bebatuan permukaan Bulan, yang kemudian melahirkan ucapannya yang terkenal: “Itu adalah satu langkah kecil untuk manusia, namun satu lompatan raksasa bagi umat manusia.”

Aldrin kemudian bergabung dengan Armstrong di permukaan Bulan, saat foto pertama diambil di Bulan. Mengutip The History Channel, mereka lalu berbicara dengan Presiden AS saat itu, Richard Nixon,  melalui komando pusat di Houston.

Apollo 11 juga merupakan penerbangan berawak kelima dari modul komando dan layanan dalam seri, dan penerbangan ketiga dari modul Lunar, yang biasa digunakan Armstrong dan Aldrin untuk sampai ke permukaan Bulan.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top