Internasional

7 Mei dalam Sejarah: Konsep Sirkuit Terpadu Diperkenalkan, Dunia Bersiap untuk Berubah

Share the knowledge

Sirkuit terpadu ditemukan 1952, dunia pun bersiap mengalami loncatan-loncatan baru, berkat Geoffrey WA Dummer (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=3Wexpc4JfKk)

Sirkuit terpadu ditemukan 1952, dunia pun bersiap mengalami loncatan-loncatan baru, berkat Geoffrey WA Dummer (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=3Wexpc4JfKk)

Pada tanggal ini tahun 1952, Insinyur radar Inggris Geoffrey W.A. Dummer memperkenalkan untuk pertama kalinya konsep sirkuit terpadu pada konferensi teknologi di AS. Konsep sirkuit terpadu merupakan dasar bagi seluruh komputer modern. Dunia bersiap untuk berubah.

Dikutip dari laman Wired, di jantung setiap perangkat elektronik saat ini, mulai komputer hingga sistem navigasi pesawat terbang, terdapat sirkuit kecil yang mengubah sistem komputasi dan akan mengantar era digital kepada dunia; seperti halnya mesin uap membantu mengantar Revolusi Industri.

Sirkuit terpadu (integrated circuit/IC), berfungsi menyatukan komponen dengan fungsi yang berbeda dan menempatkannya dalam papan miniatur yang ringkas.

Dummer yang bekerja untuk kementerian pertahanan Inggris, pertama kali menerbitkan gagasan tentang sirkuit terpadu pada Simposium 1952 tentang Kemajuan dalam Komponen Elektronik Berkualitas di Washington, D.C.

Postcomended   Trump Sangkal Sebut Istri Pangeran Harry "Nasty", Padahal Ada Rekamannya

“Dengan munculnya transistor dan pekerjaan di semikonduktor pada umumnya, tampaknya sekarang mungkin untuk membayangkan peralatan elektronik di suatu blok padat tanpa kabel penghubung,” katanya kepada hadirin di konferensi tersebut, menurut Electronic Product News.

Blok tersebut, jelas Dummer, dapat terdiri dari lapisan bahan isolasi, konduktor, penyearah dan penguat, (yakni) fungsi-fungsi elektronik yang dihubungkan langsung dengan memotong area dari berbagai lapisan.

Percobaan Dummer selama beberapa tahun ke depan tidak berjalan sukses untuk membangun sirkuit seperti itu, sampai Pemerintah Inggris mematikan dana untuk proyeknya.

Pada saat itu, gagasan tentang IC telah pindah ke Amerika Serikat (AS), yang pada waktunya penghargaan untuk contoh kerja pertama IC itu akan jatuh ke insinyur Instruments Texas, Jack Kilby.

Postcomended   4 Oktober dalam Sejarah: Kereta yang Menjadi latar Novel Agatha Christie, Diluncurkan

Tantangan menciptakan IC praktis adalah bahwa semua komponen dalam rangkaian tidak boleh memiliki kesalahan. Juga, tidak mungkin ada terlalu banyak kabel dalam interkoneksi untuk sirkuit yang kompleks, kecuali sirkuit akan lambat.

Kilby menemukan solusi pada musim panas 1958. Idenya adalah membuat semua komponen dan chip dari blok yang sama dari bahan semikonduktor, dan melapisi logam yang diperlukan untuk menghubungkan mereka di atasnya.

Sirkuit terpadu pertama cukup kasar; hanya memiliki transistor dan komponen lain pada sepotong germanium. Tapi itu memang menunjukkan potensi IC, yang berlanjut hari ini untuk menjadi lebih kecil dan lebih kompleks.

Hanya beberapa bulan kemudian, Robert Noyce, salah satu pendiri Fairchild Semiconductor dan Intel, memecahkan beberapa masalah yang berkaitan dengan interkoneksi, berbagi kredit dengan Kilby untuk IC praktis.

Postcomended   Julian "WikiLeaks" Assange Disebut Alami Gejala Penyiksaan Psikologis

Kilby mematenkan penemuan ini dan memenangkan Hadiah Nobel Fisika 2000 untuk perannya dalam penciptaan IC. Dummer sendiri meninggal pada Februari 2002 pada usia 93 tahun.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top