Ada dua peristiwa yang terjadi pada tanggal ini yang menjadi sorotan. Pada 1918 Volksraad didirikan di Weltevreden, Batavia, Jawa; bayi dari representasi demokratis di tanah jajahan Belanda. Lembaga ini diresmikan Gubernur jendral Hindia Belanda periode 1916-1921, Johan Paul van Limburg Stirum (1873–1948). Di tanggal sama, 1980, Gunung St Helens di Washington, AS, meletus dahsyat, setelah tertidur sejak 1857.

Meskipun bukan wilayah dengan banyak gunung api, namun gunung-gunung api di AS berpotensi menimbulkan katastrofi besar. Saat ini, para pakar volkanologi misalnya mencemaskan kondisi gunung raksasa Yellowstone.

Letusan St Helens pada 1980 tersebut merupakan yang terparah sepanjang sejarah Amerika Serikat (AS), baik dari segi kekuatan letusan maupun kerugian ekonomi.

Postcomended   Membunuh Antelop Langka, Aktor Salman Khan Dibui

Letusan ini meruntuhkan puncaknya dari semula berketinggian 2.950 meter menjadi 2.550 meter, mengirimkan abu 12 mil ke udara, dan menewaskan 60 orang.

Sebelum meletus, volkanologis mulai mendeteksi kawanan gempa bumi kecil yang berasal dari bagian dalam gunung berapi pada 20 Maret 1980, yang mengakibatkan salju longsor pada 24 Maret, dan kawah mulai mengepul pada tanggal 27 Maret. Ledakan pada 28-30 Maret, terdengar 20 mil jauhnya dan mengirim abu sejauh 100 mil.

Mencegah bahaya longsoran salju dan longsoran lumpur, Dinas Kehutanan Nasional AS menutup daerah itu bagi para pengunjung.

Fotografi udara stereoskopik pada awal April 1980 menunjukkan bahwa gunung itu menggelembung, dengan bagian-bagian dari bibir kawah 250 kaki lebih tinggi dari sebelumnya.
Pada 7 Mei, gempa bumi hingga berkekuatan 4,9, berlanjut, disertai serentetan ledakan uap dan abu. Gunung St. Helens adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di Skamania County, Washington, AS.

Postcomended   Boeing 747 Bangkit dari Kematian

Gunung ini adalah bagian dari Barisan Pegunungan Cascade dan dahulu pernah dikenal dengan nama Louwala-Clough (dari bahasa daerah yang berarti “gunung api atau berasap”).

Lokasi letusan ini kini menjadi kawasan Monumen Nasional Gunung Berapi Gunung St. Helens. Gunung ini adalah salah satu gunung berapi dalam Lingkaran Api Pasifik.(***/wired/Wikipedia)

Share the knowledge