http://home.bt.com/images/november-18-1963-push-button-telephones-introduced-136401595654703901-151112105953.jpg

Hari ini, 1963, perusahaan telekomunikasi Amerika Serikat (AS), Bell System, memperkenalkan sistem telepon push-button (tombol tekan) elektronik pertama dengan panggilan nada sentuh. Pelanggan yang pertama menikmati teknologi ini adalah warga Pennsylvania, AS.Teknologi ini perlahan menggantikan telepon putar yang telah digunakan selama beberapa dekade. Tapi tahukah? Ternyata penemuan tombol tekan ini mendahului tombol putar.

Instalasi telepon tombol tekan pertama kali dipasang di Carnegie dan Greensburg, Pennsylvania, di luar Pittsburgh. Bell menggunakan teknologi dual-tone multi-frequency (DTMF) untuk lmemberikan layanan “nada sentuh” ​​yang akan menjadi sinyal telekomunikasi di seluruh dunia.

Untuk meyakinkan mengapa pelanggan harus beralih ke teknologi baru ini, Bell perlu merilis tampilan interaktif telepon ini yang ditunjukkan dalam satu video yang diputar di Pameran Dunia Seattle 1963.

Telepon tombol tekan hanya satu bagian dari paket yang melengkapi sistem telepon modern. Salah satu bagian utama adalah mengotomatisasi sinyal yang dikirim ke kabel setelah Anda menekan tombolnya. Untuk mengisi celah ini, pada hari sama Bell juga untuk pertamakalinya memperkenalkan nada sentuh (touch-tone dialing) untuk mempercepat transmisi nomor telepon.

Teknologi ini membuat metode routing untuk melakukan panggilan ke pertukaran untuk terhubung dengan nomor lain, menjadi lebih cepat, ketika telepon putar –yang menggunakan panggilan pulsa– memiliki metode routing lebih lambat.

Postcomended   26 Oktober dalam Sejarah: Gunung Merapi Meletus Menewaskan 300-an Jiwa Termasuk Sang Kuncen

Sampai telepon putar diperkenalkan, operator telepon di sebuah bursa menyambar colokan di ujung kabel panjang dan mendorongnya ke soket di papan; menghubungkan seseorang yang melakukan panggilan dengan partai yang mereka panggil, atau dengan operator jarak jauh di kota lain.

Tak lama setelah telepon tombol tekan dirilis, para remaja memasukkan lagu ke dalam telepon, yang membuat orangtua terkadang harus mengeluarkan tagihan telepon yang besar sebagai harga beberapa bar nada yang dimulai dengan angka 1 atau angka dalam kode area lokal.

Postcomended   5 November dalam Sejarah: Parker Bersaudara Mengeluarkan Permainan Monopoli

Kala itu, Michael Scheff memanfaatkan tren ini dengan menyusun buku “Push Button Telephone Songbook” yang diterbitkan oleh Price, Stern dan Sloan pada tahun 1971. Buku itu memberi petunjuk tentang bagaimana agar telepon tidak bisa menjalankan biaya jarak jauh (interlokal). Buku ini terjual lebih dari 500.000 eksemplar. 

Tapi tahukah? Gagasan telepon tombol tekan ini ternyata sebenarnya mendahului penemuan telepon putar. Namun bahkan setelah teknologi tombol tekan dan nada sentuh berhasil diciptakan, dibutuhkan waktu lama untuk mengukuhkannya.

Baru pada tahun 1980-an telepon tombol tekan mulai digunakan oleh mayoritas rumah-rumah di AS.(***/edn/ithappenedinthe60s)

Postcomended   13 Desember dalam Sejarah: Dari Sebuah Bunker, Saddam Hussein Ditangkap AS

Share the knowledge