19 April dalam Sejarah: Stasiun Ruang Angkasa Pertama, Salyut 1, Berhasil Mengorbit

Internasional
Share the knowledge

Salyut 1 (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=--PX2VKgFy8)
Salyut 1 (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=–PX2VKgFy8)


Pada tanggal ini tahun 1971, stasiun ruang angkasa operasional pertama rancangan Uni Soviet, Salyut 1, diluncurkan. Peristiwa ini menjadi tonggak kemenangan bagi Soviet dalam perlombaan ruang angkasa dengan Amerika Serikat (AS) dalam suasana perang dingin.

Soviet seringkali berada di depan AS dengan NASA-nya dalam perlombaan membedah ruang angkasa. Akan tetapi ini tidak menjamin Soviet selalu lebih unggul. Kedua kubu sering dihantui gangguan teknis dan kegagalan, termasuk Salyut 1, seperti dikutip dari PBS dan Wikipedia oleh laman Wired.

Dipukul oleh keberhasilan AS mengirim orang pertama yang menjejakan kaki di bulan, program luar angkasa Soviet mengalihkan perhatiannya dalam hal penyebaran stasiun kerja ruang angkasa, yang telah ada dalam  rencana sejak 1964.

Postcomended   31 Agustus dalam Sejarah: Putri Diana Tewas, Diduga Dibunuh Karena Mengandung Bayi Dodi

Ini bisa dilihat dari komponen yang menyusun Salyut 1 berasal dari komponen-komponen yang dikumpulkan dari pesawat ruang angkasa yang awalnya dirancang untuk keperluan lain.

Peluncuran dari Baykonur berjalan lancar ketika Salyut 1 berhasil memasuki orbit, namun tidak selancar rencana yang telah dirancang sejak awal. Tiga kosmonot yang menunggangi Soyuz 10 yang diluncurkan dua hari kemudian, yang seharusnya menjadi kosmonot pertama yang menempati Salyut 1, tidak dapat memasuki stasiun ruang angkasa ini karena ada masalah dalam mengaitkan (docking) Soyuz 10 ke Salyut 1.

Soviet mencoba lagi pada 6 Juni 1971 dengan meluncurkan Soyuz 11 yang membawa tiga kosmonot, dan berhasil. Ketiga kosmonot berhasil menghuni Salyut 1 selama 23 hari.

Postcomended   Sejarah Suku Indian( penduduk asli Amerika)

Soyuz 11 juga berhasil kembali ke Bumi pada 30 Juni 1971, namun dengan ketiga kosmonotnya: Georgi Dobrovolski, Viktor Patsayev dan Vladislav Volkov, kembali dalam keadaan tak bernyawa di dalam kabin yang terpanggang.

Salyut 1 menembakkan roketnya untuk terakhir kalinya pada 11 Oktober 1971, untuk memulai rencana masuk kembali ke atmosfer Bumi dan melakukan disintegrasi di atas Samudra Pasifik.(***/dariberbagaisumber)

 


Share the knowledge

Leave a Reply