Sagarmatha National Park (Star Travelz)

Pada tanggal ini, 1975, representasi dua kutub kekuatan teknologi luar angkasa, Apollo dan Soyuz, yang sempat terhubung di orbit selama 2 hari untuk sebuah pertemuan internasional pertama di ruang angkasa, akhirnya terpisah. Tanggal ini, 1985, juga mencatat ketika seorang guru SD terpilih untuk turut dalam misi Chalenger yang kemudian meledak sebelum sempat mencapai orbit. Dan demi melindungi kekayaan alam, flora dan fauna, serta budaya di kawasan Sagarmatha, pemerintah Nepal pada tanggal ini 1976, meresmikan Sagarmatha sebagai taman nasional. 

Taman Nasional Sagarmatha membentang seluas 1.148 kilometer persegi di zona ekologi Himalaya, Khumbu, Nepal. Taman ini mencakup daerah tangkapan air dari Sungai Dudhkoshi dan Bhotehoshi.

Secara lansekap, sebagian besar Sagarmatha terdiri dari ngarai dan medan yang keras di ketinggian Himalaya, mulai dari 2.845 meter di Monjo ke puncak puncak tertinggi di dunia. Sagarmatha sendiri yang juga menjadi nama salah satu puncak di kawasan pegunungan Himalaya berada di ketinggian 8.848 m di atas permukaan laut.

Postcomended   Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-72: Sosialisasi Sektor Energi Melalui Pekan Pertambangan dan Energi

Puncak lainnya di atas 6.000 meter adalah Lhotse, Cho Oyu, Thamserku, Nuptse, Amadablam, dan Pumori. Orang-orang Sherpa, yang terkenal sebagai pemandu kawakan para pendaki asing ke puncak Everest, hidup di wilayah ini. Dalam kesehariannya, mereka lekat dengan ajaran agama Buddha.

Dengan ketinggian lebih dari 8000 meter, orang-orang Sherpa terbiasa hidup dengan oksigen yang tipis. Fauna khas di wilayah ini selain yang diternakan seperti yak dan llama, juga leopard salju, rusa musk, dan panda merah. Sedangkan vegetasinya yang jarang antara lain pinus, hemlock, fir, juniper dan birch

Biara Tengboche yang terkenal dan biara-biara lainnya di sana, pada hari-hari tertentu adalah tempat berkumpul masyarakat umum untuk merayakan festival keagamaan seperti Dumje dan Mane Rumdu.

Postcomended   16, 17, 18 Agustus: Indonesia Merdeka hingga Skandal Clinton dan Lewinsky

Tengboche, Thame, Khumjung dan Pangboche adalah beberapa biara terkenal lainnya di wilayah ini. Karena karakteristik alam Sagarmatha yang superlatif, UNESCO mendeklarasikan Sagarmatha sebagai Situs Warisan Dunia pada 1979.

Menurut situs resmi taman nasional Sagarmatha, pengunjung tahunan Sagarmatha menurut catatan tahun fiskal 2016-2017, Sagarmatha dikunjungi turis asing saja hingga 45.112 orang, dengan pendapatan 1.411.340 dolar AS.(***/sagarmathanationalpark/dariberbagaisumber)

Postcomended   2 Agustus dalam Sejarah: Ketika Saddam Husein Menekuk Kuwait dan Memberi Alasan AS Menjatuhkannya

 

 

Share the knowledge