9 DOSA MUSTAFA KEMAL ATATURK YANG MATI TERSIKSA DAN JASADNYA TIDAK ... Aktual Trend Menurut sejarah, saat akan dikubur, jenazah#MustafaKemalAtatuerk tak dapat masuk liang kubur. Sehingga diawetkan dimuseum Etna Grafi Turki selama 15 th.

9 DOSA MUSTAFA KEMAL ATATURK YANG MATI TERSIKSA DAN JASADNYA TIDAK … Aktual Trend Menurut sejarah, saat akan dikubur, jenazah#MustafaKemalAtatuerk tak dapat masuk liang kubur. Sehingga diawetkan dimuseum Etna Grafi Turki selama 15 th.

Pada tanggal ini, 2015, Inggris dan Irlandia mencatat sejarah jabat tangan pertama antara Pangeran Charles dan pemimpin Sinn Féin, Gerry Adams, di National University of Ireland di Galway, Irlandia. Pada 1995, Balamurali Ambati, 17, lulus sebagai dokter termuda di dunia. Sementara itu di hari sama tahun 1919, Mustafa Kemal Ataturk, yang kemudian dikenal sebagai bapak sekuler Turki, mendarat di Samsun di pantai Laut Hitam, memulai Perang Kemerdekaan Turki.

Samsun adalah satu wilayah yang terletak di antara dua delta sungai yang subur, yang menjorok ke Laut Hitam, sebelah utara Turki. Di sini, pada 19 Mei 1919, seorang pria melangkah ke darat yang akan menciptakan negara Turki, mengubah masyarakat, dan bahkan mengubah bahasa; pria ini adalah Mustafa Kemal Atatürk.

Perang Kemerdekaan Turki dimulai ketika Jenderal Mustafa Kemal Pasha, Inspektur Tentara 9 Ottoman dan kemudian dikenal sebagai Atatürk, tiba di kota Samsun di Pantai Laut Hitam.

Postcomended   Sebuah Dokumen Mengungkap, Dokter Penemu Sindrom Asperger Mengirim Ratusan Anak Yahudi ke Kematian

Kota Konstantinopel telah diduduki oleh pasukan Entente sejak 13 November 1918, kurang dari dua minggu setelah mereka menandatangani Gencatan Senjata dari Mudros dengan Kekaisaran Ottoman. Entente adalah persekutuan antara Britania Raya, Perancis dan Rusia setelah penandatanganan Entente Anglo-Rusia tahun 1907.

Selain menduduki Konstantinopel, sekarang Istanbul, Sekutu juga merebut berbagai wilayah lain dari Kekaisaran Ottoman selama beberapa bulan berikutnya. Pendudukan oleh pasukan asing ini digambarkan Mustafa Kemal sebagai “memalukan”.

Pada 15 Mei 1919 pasukan Yunani, dengan izin dari kekuatan Entente, mendarat di Smyrna, sekarang dikenal sebagai Izmir. Ketegangan etnis sudah tinggi di wilayah Anatolia, dan gelombang kekerasan yang terjadi membantu mengonsolidasikan berbagai kelompok perlawanan Turki menjadi kekuatan terpadu.

Postcomended   Bukan Harta Benda, Ini Dia Faktor Kebahagiaan Rumah Tangga

Sultan di Konstantinopel berada di bawah pengaruh kekuatan pendudukan dan diminta untuk mengirim seorang anggota pasukan bersenjata untuk memadamkan kerusuhan.

Mustafa Kemal mengamankan tugas ini dan meninggalkan Konstantinopel menuju Samsun di atas kapal kargo SS Bandirma. Setelah perjalanan tiga hari yang sulit dalam cuaca buruk, dan tanpa kompas yang berfungsi, ia dan stafnya mendarat pada 19 Mei.

Alih-alih membubarkan tentara mereka mulai mengatur gerakan perlawanan yang lebih formal, dan untuk alasan ini 19 Mei dianggap sebagai awal dari Perang Kemerdekaan Turki.

Postcomended   Waspada! Politik Uang Dinilai Haram Oleh MUI

Sebulan kemudian, Mustafa Kemal mengeluarkan Amasya Circular yang menyatakan bahwa kemerdekaan negara itu dalam bahaya. Dokumen ini adalah kritik langsung terhadap pemerintah di Konstantinopel, dan sering dilihat sebagai bukti tertulis resmi pertama dari niat nasionalis Mustafa Kemal.(***/onthisday/historypod)

Share the knowledge