Internasional

2 Juli dalam Sejarah: Seribu Lebih Jamaah Haji Tewas dalam Tragedi Terowongan Mina

Terowongan Mina (sumber foto: Al Bawaba)

“Imperialisme adalah tahapan tertinggi dari kapitalisme,” seru Lenin, tokoh komunis Uni Soviet pada tanggal ini tahun 1916. Masih pada tanggal ini tahun 2013, Arab Spring melanda Mesir; 16 tewas 200 luka-luka dalam bentrokan di Universitas Kairo melawan Presiden Muhamad Mursi, tokoh Ikhwanul Muslimin. Tanggal ini, 1990, juga mencatat peristiwa mematikan di terowongan Mina; 1400 jamaah haji tewas terinjak-injak dan tercekik di tengah hawa panas.Sekitar 1.400 peziarah Muslim mati lemas antara lain akibat terinjak-injak di terowongan yang menyambungkan para calon jamaah haji dari kota tenda Mina ke kota suci Mekah.

Kepanikan dimulai ketika beberapa peziarah berhenti di tengah terowongan ber-AC yang panjangnya 500 meter, sementara ratusan jamaan lain berdesak-desakan untuk segera masuk terowongan di saat suhu waktu itu mencapai 44 derajat Celcius. Kesaksian sejumlah orang menyebutkan bahwa ventilasi tampaknya juga ditutup.

Para saksi mengatakan, orang-orang saling menginjak dan tercekik kehabisan oksigen ketika ribuan peziarah berdesak-desakan memasuki terowongan Mina. Terowongan ber-AC ini dapat menampung hingga 1.000 pejalan kaki, tetapi jumlah peziarah di dalam menjadi melebihi kapasitas.

Postcomended   19 Juli dalam Sejarah: Sagarmatha Menjadi Taman Nasional yang Memikat UNESCO

Seorang diplomat Asia yang menolak diidentifikasi menyebutkan jumlah korban tewas total 1.400 dan mengatakan bahwa sebagian besar korban adalah peziarah Malaysia dan Indonesia. Namun seorang pejabat Pemerintah Saudi mengatakan sehari kemudian seperti dilansir Reuters, perkiraan 1.400 korban tewas adalah berlebihan.

Postcomended   26 November dalam Sejarah: Dua Pria Inggris Masuk ke Makam Tutankhamen Setelah 3000 Tahun Tak Tersentuh

Raja Fahd dikutip kantor berita Saudi, SPA, mengatakan, kecelakaan itu terjadi karena besa jumlah peziarah yang memadati terowongan di luar kapasitas terowongan. ”Jika para haji mengikuti instruksi, kecelakaan itu akan terhindari,” katanya.

Terowongan Mina adalah bagian dari rencana pembangunan senilai 15 miliar dolar AS yang bertujuan agar peziarah terdistribusikan secara teratur, di suatu kegiatan keagamaan terbesar di dunia untuk memperingati peristiwa persembahan Nabi Ibrahim atas putranya dalam pengorbanan kepada Tuhan, yang setiap tahun diperingati umat Islam sebagai Idul Adha.

New York Times menulis, insiden ini menjadi bencana ziarah terburuk, setelah dalam beberapa tahun terakhir diwarnai serangan teroris dan kerusuhan.***

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top