Internasional

3 November dalam Sejarah: Laika Diluncurkan dalam Sputnik II untuk Kematiannya 

Share the knowledge

Laika, Makhluk Hidup Pertama yang Dikirim ke Luar Angkasa ... Palestina Israel - Republika Laika, makhluk hidup pertama yang dikirim ke luar angkasa bersama Sputnik II .

Laika, Makhluk Hidup Pertama yang Dikirim ke Luar Angkasa … Palestina Israel – Republika Laika, makhluk hidup pertama yang dikirim ke luar angkasa bersama Sputnik II .

Hari ini, 1957, seekor anjing liar yang diberi nama Laika, ditaruh di dalam pesawat luar angkasa Sputnik II untuk mengorbit Bumi. Entah dia anjing yang beruntung atau apes, tapi setidaknya namanya menjadi dikenang dunia sepanjang masa, meskipun pesawat luar angkasa tersebut menjadi peti mati bagi anjing yang dipungut di jalanan Moskow ini, dan menimbulkan protes pecinta binatang di seluruh dunia.

Pada saat itu tidak ada teknologi atau rencana untuk membawanya kembali ke Bumi. Salah satu teknisi yang menyiapkan kapsulnya mengatakan, “Setelah menempatkan Laika ke dalam wadah dan sebelum menutup penutup, kami mencium hidungnya dan mendoakan pelayaran ‘bon voyage’-nya, mengetahui bahwa dia tidak akan selamat dalam penerbangan.”

Postcomended   Dianggap Promosikan Ekstremisme, Rusia Menyensor Komik "Deadpool"

Peluncuran Sputnik II dirancang untuk membuktikan bahwa penumpang yang hidup dapat bertahan ketika didorong ke orbit dan mengalami gravitasi mikro, sehingga membuka jalan bagi perjalanan luar angkasa oleh manusia.

Namun pengiriman Laika ke orbit juga memicu demonstrasi mengerikan di seluruh dunia, terutama di Inggris. “Switcboard” BBC macet oleh penelepon yang marah bahkan sebelum seorang penyiar selesai membacakan buletin mengenai berita tersebut.

Masyarakat Kerajaan Inggris untuk Pencegahan Kekejaman terhadap Hewan, mengancam menghancurkan jaringan telepon. Saking kesalnya para operator telepon BBC, mereka menyuruh penelepon berdemonstrasi langsung di kedutaan Soviet, dan memberikan nomornya.

Liga Melawan Olahraga yang Kejam (The League Against Cruel Sports) mengekspresikan kemuakkan mereka atas perilaku orang-orang Rusia. Saat demonstrasi berlangsung, Liga Pertahanan Anjing Nasional meminta seluruh negeri mengheningkan cipta selama satu menit pada pukul 11:00 setiap hari.

Postcomended   Di Tengah Hubungan yang Memanas Rusia Pamer 5 Senjata Baru, AS Meragukan

Lady Munnings, istri mantan Presiden Royal Academy, Sir Alfred Munnings, menuntut: “Alih-alih anjing, mengapa tidak menggunakan pembunuh anak, yang mendapatkan hukuman seumur hidup dan memiliki waktu yang menyenangkan di penjara?”

 

Saat memprotes, pecinta anjing berkumpul di luar Kedutaan Besar Rusia di London. Sekretaris Pertama, Yuri Modin, dipaksa membuat pernyataan. Namun Modin berkeras. “Orang-orang Rusia menyukai anjing,” ujarnya. “Ini dilakukan bukan demi kekejaman, tapi demi kemanfaatan kemanusiaan.”

Lantas apa yang terjadi pada Laika? Meskipun Moskow menyatakan bahwa Laika mati tanpa rasa sakit setelah sekitar satu minggu berada di orbit. Namun seorang pejabat di Institute for Biological Problems pada 2002 membocorkan sebuah fakta.

Fakta tersebut: Laika mati dalam keadaan panik dan kepanasan, beberapa jam setelah lepas landas. Dia menyebutkan, setelah 5-7 jam memasuki penerbangan, semua tanda kehidupan yang diterima dari pesawat ruang angkasa tersebut berhenti.

Postcomended   Ribuan Orang Indonesia Daftar Menjadi Warga Antariksa #Asgardia

Sputnik II dirancang untuk mengelilingi Bumi setiap 1 jam 42 menit, melaju dengan kecepatan 18.000 mph.

Lebih dari lima bulan kemudian, setelah mengorbit Bumi 2.570 kali, Sputnik II, termasuk sisa-sisa tubuh Laika, hancur saat masuk kembali ke Bumi pada 14 April 1958.(***/onthisday.com)

 


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top