Bruce Lee dan anaknya Brandon Lee, sama-sama mati muda (sumber: internet)

Pada tanggal ini, 1833, satu kerusuhan anti-Mormon di Missouri AS, mengakibatkan hancurnya mesin cetak untuk buku Book of Commandments; buku dari abad ke-19 yang kini dianggap salah satu yang paling berharga. Pada 1969 , Apollo 11 membawa Neil Armstrong menjadi manusia pertama yang menginjak Bulan. Tanggal ini, 1973, juga mencatat peristiwa matinya sang legenda kungfu, Bruce Lee.

Aktor dan ahli seni bela diri kungfu, Bruce Lee, meninggal dunia di Los Angeles, AS, pada tanggal ini tahun 1973 di usia 32. Lee meninggal akibat edema otak yang diduga disebabkan oleh reaksi terhadap obat penghilang rasa sakit yang diresepkan. Sepanjang kariernya yang pendek, ia sempat menjadi bintang film di Asia dan, setelah anumerta, di Amerika Serikat (AS).

Bruce terlahir dengan nama Jun Fan Lee, pada 27 November 1940, di San Francisco, California, AS. Pada saat itu, ayahnya, seorang yang bintang opera Cina, sedang tur di AS, dan membawa serta istrinya yang tengah hamil besar Bruce.

Postcomended   5 Oktober dalam Sejarah: Revolusi Beberapa Tahun Runtuhkan Monarki Absolut Prancis Berabad-abad

Sempat menetap di AS, namun kemudian pindah kembali ke Hong Kong pada 1941, hingga Lee tumbuh dewasa. Lee menjalani masa kecilnya di Hong Kong sebagai aktor anak yang muncul di sekitar 20 film mandarin.

Dia juga belajar menari dan dilatih dalam gaya Wing Chun gung fu (juga dikenal sebagai “kung fu”). Pada 1959, setelah lebih dewasa, Lee kembali ke AS. Dia mengambil kuliah di Universitas Washington.

Berbekal kemampuannya dalam seni bela diri matrial art, dia membuka sekolah seni bela diri di Seattle. Pada 1964, Lee menikahi Linda Emery, yang pada tahun 1965 melahirkan Brandon Lee, anak pertama dari dua anak pasangan itu.

Pada 1966, keluarga Lee pindah ke Los Angeles. Kala itu, Bruce muncul di program televisi The Green Hornet (1966-1967), memainkan sidekick akrobatik Hornet Kato. Lee juga muncul dalam turnamen karate di seluruh AS dan terus mengajarkan seni bela diri kepada klien swasta termasuk aktor Steve McQueen.

Postcomended   29 November dalam Sejarah: PBB Setuju Palestina Dibelah Dua

Dalam mencari peran akting yang lebih baik dibanding yang ditawarkan Hollywood, Lee kembali ke Hong Kong pada awal 1970-an dan berhasil memantapkan dirinya sebagai bintang di Asia dengan film aksi “The Big Boss” (1971) dan “The Way of the Dragon” (1972). Di dua film ini, selain menjadi bintang Utama, dia juga menulis naskahnya dan menyutradarainya.

Film Lee berikutnya, “Enter the Dragon”, dirilis di AS oleh studio Hollywood, Warner Bros, pada Agustus 1973. Tragisnya, satu bulan sebelum film ini dirilis, Lee meninggal, tepatnya pada  20 Juli di Hong Kong. “Enter the Dragon” adalah hit box-office yang menghasilkan lebih dari 200 juta dollar AS, dan menjadikannya ikon AS. Lee kemudian dimakamkan di Seattle.

Kematian mendadaknya di usia muda, 32, menyebabkan rumor dan spekulasi tentang penyebab kematiannya. Satu teori menyatakan bahwa Lee telah dibunuh oleh gangster Cina, sedangkan rumor menghembuskan gossip bahwa actor ini telah menjadi korban kutukan.

Teori kutukan-keluarga ini semakin menguat ketika putra Lee, Brandon Lee, yang mengikuti jejak ayahnya menjadi aktor, meninggal di usia 28 dalam penembakan tak disengaja di lokasi syuting film “The Crow” pada 31 Maret 1991. Brandon dimakamkan di samping makam ayahnya di Pemakaman Lake View Seattle.(***/history/wikipedia)

Postcomended   Tak Ada Hujan Tak Ada Angin, Foreman Tantang Seagal Adu Jotos

 

 

Share the knowledge