Internasional

20 Mei dalam Sejarah: BBC Melarang Lagu Pamungkas dalam “Sgt Pepper’s Lonely Hearts Club Band”

Share the knowledge

Tahukan kamu, bahwa baru pada tanggal ini, tahun 1310, sepatu dibuat untuk kedua kaki; kanan & kiri. Di tanggal ini juga, 1873, Levi Strauss dan Jacob Davis mematenkan “blue jeans” pertama dengan paku tembaga. Pada 1919, Gunung Kelud di Jawa, meletus, menewaskan 550. Sementara itu, pada 1967, BBC melarang lagu The Beatles, “A Day in the Life”, dengan alasan liriknya mengandung anjuran kepada narkoba.

Karena lirik “I’d love to turn you on”, British Broadcasting Corporation (BBC), Inggris, melarang diputarnya lagu itu pada 1967. Lirik tersebut bagi BBC dapat ditafsirkan sebagai referensi untuk penggunaan narkoba.

Akibatnya, beberapa negara di Asia menyunat lagu itu dari album “Sgt Pepper’s Lonely Hearts Club Band”. BBC merupakan stasiun televisi, radio Britania Raya. dibentuk tahun 1927.

Postcomended   Situs Blog Tumblr Kini Menjadi Sepupu WordPress

Lagu ini merupakan karya bersama Paul McCartney dan John Lennon. Lirik yang membuat BBC menyensor lagu ini merupakan lirik tambahan dari John Lennon.

Akan tetapi, nukan The Beatles namanya kalau pernak-perniknya masuk kantong sampah. Lirik tulisan tangan John Lennon untuk “A Day In The Life” ini telah terjual seharga 1,2 juta dolar AS, atau jika dikonversi ke kurs Rp 13.500, setara dengan Rp 162 miliar. Nilai ini jauh di atas harga yang diharapkan dalam lelang.

Lirik tulisan tangan Lennon ini berupa selembar kertas dua sisi dengan catatan yang ditulis dengan spidol dan tinta biru, yang terjual di lelang Sotheby di New York.

Pada lembar lirik itu, tampak beberapa koreksi dan catatan lain yang ditulis Lennon dengan tinta merah. Lagu yang ditulis bersama Paul McCartney ini merupakan lagu pamungkas pada album “Sgt Pepper’s Lonely Hearts Club Band”, 1967.

Postcomended   Siapa Penemu Benua Amerika Sebenarnya? Ini Jawabannya

Pembeli lembar lirik tersebut merupakan penawar telepon anonim asa Amerika Serikat, setelah sebelumnya merupakan milik Mal Evans, “road manager” The Beatles.

Menurut rumah lelang, rekor sebelumnya untuk penjualan lirik Beatles adalah “All You Need Is Love”, yang dihargai 1 juta dolar AS pada 2005.

Majalah Rolling Stone mendaftarkan “A Day in the Life” di nomor ke-26 dalam kompilasi dari 500 lagu terbesar sepanjang masa. Albumnya sendiri berhasil menyabet empat penghargaan Grammy. (***/BBC)


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top