Internasional

20 Oktober dalam Sejarah: Diktator Libya Tewas Diseret dan Disiksa “Pejuang Libya”

Muammar Qaddafi (sumber gambar: http://www.africanews.com/2017/09/19/speech-muammar-gaddafi-at-the-64th-un-general-assembly-in-2009/)

Muammar Qaddafi (sumber gambar: africanews.com)

Pada tanggal ini tahun 1843, cikal bakal warga Cina pertama di Suriname tiba di negara daratan Amerika Selatan ini. Pada 1930, Inggris mengeluarkan British White Paper yang membatasi orang Yahudi untuk membeli tanah Arab. Hari ini, 2011, sejarah mencatat ketika diktator Libya, Muammar Qaddafi dibunuh di kota kelahirannya; satu dampak dari Arab Spring yang disponsori Barat.

Kematian Qaddafi dikonfirmasi para pejabat Libya. Penjabat Perdana Menteri Libya, Mahmoud Jibril, mengumumkan kematian itu, dan kemudian mengatakan sang kolonel tewas dalam baku tembak antara loyalisnya dan pejuang dari otoritas transisional, dilansir BBC.

Jibril menegaskan bahwa Qaddafi mengalami luka tembak dan meninggal beberapa menit sebelum mencapai rumah sakit, meskipun kenyataannya lebih buruk dari sekadar tertembak.

Menanggapi kematian Qaddafi, Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, mengatakan, hari ini adalah “hari penting” bagi Libya karena tirani telah jatuh. Dia mengatakan, Libya mengalami jalan panjang dan berliku menuju demokrasi penuh. “Tetapi AS dan negara-negara lain akan berdiri di belakang Tripoli,” ujarnya.

Kolonel Qaddafi digulingkan dari kekuasaan pada Agustus 2011 setelah 42 tahun berkuasa. Setelah itu dia bertahan di “tribun terakhirnya” di Sirte yang juga merupakan kota kelahirannya, bersama dua putranya, Mutassim dan Saif al-Islam.

Mutassim juga dinyatakan meninggal dibunuh pada hari itu, sedangkan Saif al-Islam menurut pejabat Menteri Kehakiman Mohammad al-Alagi kepada kantor berita AP, telah ditangkap dan dibawa ke rumah sakit dengan luka di kaki.

Postcomended   30 Juni dalam Sejarah: Tiga Kosmonot Soyuz-11 Pulang Tanpa Nyawa

Jenazah yang diidentifikasi oleh pejabat sebagai Mutassim telah diletakkan di sebuah rumah di kota Misrata, di mana penduduk setempat antre untuk mengambil gambar. Tubuh Qaddafi juga dilaporkan telah dibawa ke Misrata.

Video Penyiksaan Qaddafi, Beredar

Rekaman video yang beredar luas di seluruh dunia menunjukkan seseorang yang mirip dengan Qaddafi diseret di jalanan. Dari rekaman yang disiarkan antara lain oleh al-Jazeera TV dan dicuplik BBC, tidak jelas apakah Qaddafi masih hidup atau sudah mati pada saat itu.

Versi pihak NATO yang telah menjalankan kampanye pemboman di Libya selama berbulan-bulan, mengatakan, seperti dilaporkan BBC, mereka telah melakukan serangan udara beberapa hari sebelumnya.

Menteri Pertahanan Prancis, Gerard Longuet, mengatakan, jet-jet Prancis telah melepaskan tembakan peringatan untuk menghentikan konvoi yang membawa Qaddafi ketika dia mencoba melarikan diri dari Sirte.

Dia mengatakan para pejuang Libya kemudian turun dan menangkap Qaddafi. Sejak itu, potongan-potongan kasar video penangkapan Qaddafi yang disiksa secara brutal beredar di kalangan pejuang, yang kemuaidan disiarkan di berbagai saluran berita internasional.

Gambar pertama menunjukkan sosok berlumuran darah yang diduga sebagai Qaddafi. Satu video kemudian menunjukkan pria yang diduga Qaddafi itu dibundel ke bagian belakang truk pick-up setelah ditangkap hidup-hidup. Namun tak satu pun dari rekaman video telah diverifikasi secara independen.

Jibril, yang merupakan orang nomor dua di Dewan Transisi Nasional (NTC) –pihak yang berkepentingan menggulingkan Qaddafi–  mengadakan konferensi pers di Tripoli untuk mengkonfirmasi kematian kolonel. “Kami telah menunggu momen ini untuk waktu yang lama. Muammar Gaddafi telah tewas,” katanya, seperti dilaporkan laman BBC.

Postcomended   12 November dalam Sejarah: Tentara Indonesia Tembaki Mahasiswa Timtim di Santa Cruz

Namun dia mengatakan kepada wartawan bahwa “laporan forensik” telah menyimpulkan bahwa Qaddafi tewas akibat luka tembak setelah dia ditangkap. “Ketika mobil itu bergerak, dia terperangkap dalam baku tembak antara kaum revolusioner dan pasukan Qaddafi di mana dia terkena peluru di kepala,” kata Jibril, mengutip dari laporan forensik tersebut.

“Dokter forensik tidak bisa mengetahui apakah (tembakan) itu berasal dari kaum revolusioner atau dari pasukan Qaddafi,” imbuhnya. Sebelumnya, beberapa pejuang NTC memberikan laporan yang berbeda tentang kematian kolonel itu, ada yang mengatakan dia ditembak ketika dia mencoba melarikan diri.

Seorang pejuang NTC mengatakan kepada BBC bahwa dia menemukan Qaddafi bersembunyi di sebuah lubang, dan mantan pemimpin itu memohon untuk tidak ditembak. Pejuang itu menunjukkan  sebuah pistol emas kepada wartawan yang menurutnya disita dari Qaddafi. Sementara itu saluran TV Arab menunjukkan gambar pasukan yang mengelilingi dua pipa drainase besar tempat Qaddafi ditemukan, menurut para wartawan.

Warga Libya Bersorak

Diwartakan BBC, warga Libya berkumpul di kota-kota dan kota-kota di seluruh negeri untuk merayakan laporan kematian sang kolonel. Sekelompok pemuda menembakkan senjata ke udara, dan para pengemudi membunyikan klakson dalam perayaan. Kematian Qaddafi ini terjadi setelah berminggu-minggu pertempuran sengit di Sirte, basis terakhir perlawanan kubu Qaddafi.

Postcomended   3 Agustus dalam Sejarah: Perwakilan PLO di Paris Dibunuh Mossad dalam Operasi Balas Dendam

Para pemimpin dunia mendesak NTC untuk melaksanakan janjinya untuk mereformasi negara.
Perdana Menteri Inggris kala itu, David Cameron –yang telah mengambil peran utama dalam intervensi NATO terhadap Libya– mengatakan bahwa hari kematian Qaddafi tersebut adalah “hari untuk mengingat semua korban Kolonel Gaddafi”.

Sekretaris Jenderal PBB pada waktu itu, Ban Ki-moon, menyebutnya sebagai momen “bersejarah”, tetapi memperingatkan: “Jalan ke depan untuk Libya dan rakyatnya akan sulit dan penuh tantangan.”

Para pejabat mengatakan NTC bermaksud mengumumkan “pembebasan negara” dalam beberapa hari mendatang, memungkinkan mereka untuk mulai mendorong melalui reformasi demokratis yang akan mengarah pada pemilihan.***

 

 

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top