Lifestyle

20 September dalam Sejarah: AS untuk Pertamakalinya Memproduksi Mobil Bensin

Share the knowledge

Charles Duryea di atas mobil bensin ketiga buatannya (Library of Congress, Washington D.C. via Britannica.com)

Charles Duryea di atas mobil bensin ketiga buatannya (Library of Congress, Washington D.C. via Britannica.com)

Navigator Portugis, Ferdinand Magellan, pada tanggal ini, 1519, memimpin satu armada dari Spanyol untuk ekspedisi keliling dunia pertama, namun Magellan tidak pernah bisa kembali ke Spanyol. Di tanggal sama tahun, 1972, Polisi menemukan ganja tumbuh di kebun milik Paul McCartney dan istrinya, Linda. Temuan mobil bensin pertama oleh Karl Benz di Jerman, diserap Duryea bersaudara. Mereka menjadi produsen mobil bensin pertama di Amerika Serikat.

Pada tanggal ini tahun 1891, dua bersaudara Charles Duryea dan Frank Duryea, memperkenalkan produksi mobil komersial bertenaga bensin pertama di Amerika. Laman Thought.co menulis, mereka awalnya adalah para pembuat sepeda yang menjadi tertarik pada mesin bensin dan mobil baru.

Momennya ditandai dengan keberhasilan uji coba mobil bensin pertama mereka itu di jalan-jalan umum Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Lima tahun kemudian, Charles Duryea mendirikan Duryea Motor Wagon Company; perusahaan pertama yang memproduksi dan menjual kendaraan bertenaga bensin.

Postcomended   6 September dalam Sejarah: 18 dari 260 Awak Kapal Magellan Tiba di Spanyol, Tanpa Sang Tuan

Di tahun yang sama, 1896, perusahaan telah menjual tiga belas mobil model Duryea, sebuah limusin mahal, yang tetap diproduksi hingga tahun 1920-an. Sementara itu saudaranya, Frank Duryea, memiliki spesialisasi lain, yakni produsen mobil balap.

Dalam ajang balap mobil pertama di AS pada 28 November 1895, enam mobil bensin meninggalkan Chicago Jackson Park untuk perlombaan 54 mil ke Evanston, Illinois dan kembali melalui salju. Mobil Nomor 5 buatan Frank, berhasil memenangkan perlombaan hanya dalam waktu 10 jam dengan kecepatan rata-rata 7,3 mph.

Koran Chicago Times-Herald yang mensponsori perlombaan, menulis, “Orang yang cenderung mengutuk perkembangan kereta tanpa kuda, akan dipaksa untuk mengenalinya sebagai pencapaian mekanik yang diakui, sangat disesuaikan dengan beberapa kebutuhan paling mendesak dari peradaban kita.”

Postcomended   23 November dalam Sejarah: EgyptAir Dibajak, Upaya Penyelamatannya Malah Tewaskan 52 Penumpang

Pada Maret 1896, dua bulan setelah Charles dan Frank mulai menjual mobil bensin komersial pertama mereka, pengendara mobil produksi Duryea asal New York City, Henry Wells, menabrak seorang pengendara sepeda hingga mengalami patah kaki. Wells harus menghabiskan malam di penjara. Peristiwa ini dicatat sebagai kecelakaan lalu lintas pertama yang melibatkan mobil bensin.***

Postcomended   28 November dalam Sejarah: Lee Kuan Yew Mengundurkan diri Sebagai Perdana Menteri Singapura

 


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top