Internasional

21 Desember dalam Sejarah: Teka Teki Silang Pertamakali Diterbitkan di “New York World”

https://www.thestar.com/content/dam/thestar/life/2013/12/06/crosswords_reach_one_hundred_years/licrosswords.jpg.size.custom.crop.395×650.jpg

Hari ini, 1913, permainan teka teki silang (TTS) pertama diterbitkan di koran New York World. Pembuatnya adalah seorang jurnalis kelahiran Inggris, Arthur Wynne. Teka-teki berbentuk berlian buatan Wynne ini pada awalnya dalam Inggris disebut “word-cross puzzle”. Namun karena terjadi kesalahan, namanya secara tidak sengaja diubah menjadi “cross-word puzzle”, dan nama ini stuck hingga kini.

Meskipun permainan yang semacam teka-teki silang mulai muncul pada pertengahan abad ke-19, Wynne adalah orang pertama yang memasukkan berbagai fitur yang dikaitkan dengan teka-teki silang modern berupa kotak-kotak untuk memasukkan setiap huruf dan dengan desain simetris.

Teka teki silang pertama Wynne sebenarnya berbentuk berlian simetris dengan pusat berongga, namun ia segera merancang versi lain. Wynne bahkan yang pertama menggabungkan kotak hitam yang diarsir untuk memungkinkan pembuatan –dan pemisahan– baris dan kolom kata-kata yang desainnya semakin kompleks.

Postcomended   10 September dalam Sejarah: Habis Dipenggal, Mike Menolak Mati Hingga 18 Bulan

Anehnya, teka teki silang hanyalah salah satu dari sejumlah teka-teki yang dikembangkan Wynne untuk edisi 21 Desember pada suplemen “Fun” New York World. Namun teka teki silang lah yang herhasil menimbulkan sensasi.

Tak lama kemudian, teka-teki silang telah menyebar melampaui New York World ke surat kabar lain di Amerika Serikat dan sekitarnya.

Dalam waktu kurang dari satu dekade, teka teki silang mulai tampil dalam komik strip seperti kartun Clare Briggs “Movie of a Man Doing the Cross-Word Puzzle”. Dan pada 1924, koleksi pertama teka-teki silang diterbitkan oleh Simon dan Schuster.

Postcomended   9 September dalam Sejarah: Mi Instan Indonesia Paling Fenomenal Pertamakali Diumumkan

Ini juga merupakan tahun pertama teka-teki silang muncul di surat kabar Inggris, ketika Sunday Express mencetak teka-teki Wynne yang telah disesuaikan pada November 1924.(***/historypod.com)

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top