Aswan High Dam (ahram.org.eg)

Pada tanggal ini,1825, Pangeran Diponegoro (Mangkubumi) mendeklarasikan perang terhadap penjajah Belanda. Tahun 1941, 200 kitab Taurat Yahudi dibakar di Ukraina. Tiga dekade kemudian, Mesir meresmikan bendungan Aswan, yang memungkinkan kontrol manusia terhadap banjir Sungai Nil.

Bandungan Aswan selesai dibangun pada tanggal ini tahun 1970 di Mesir. Bendungan itu membutuhkan waktu satu dekade untuk membangunnya, hingga membentuk waduk raksasa yang diberi nama Danau Nasser yang membanjiri dua kuil Mesir kuno (digambarkan di bawah). Dengan bantuan pendanaan Soviet, bendungan itu selesai.

Bendungan berbiaya 1 miliar dollar AS ini dibangun untuk mengakhiri periode-periode banjir sekaligus kekeringan di wilayah Sungai Nil dan juga menciptakan situs pembangkit listrik tenaga air. Untuk semua manfaatnya itu, bagaimanapun, Bendungan Aswan penuh dengan kontroversi.

Kembali pada 1902, sebuah bendungan diciptakan di Aswan, yang berjarak 500 mil di selatan Kairo. Bendungan Aswan yang lebih rendah membantu mengairi lahan di wilayah tersebut, tetapi tidak dilengkapi untuk menahan banjir tahunan Sungai Nil.

Postcomended   15 Desember dalam Sejarah: Blockbuster Terbesar dalam Sejarah Amerika, Dirilis

Pada 1950-an, pemimpin Mesir, Gamal Abdel Nasser, ingin membawa bendungan itu menjadi ciptaan. Tujuannya adalah mengakhiri banjir dan menciptakan sumber energi baru. Setelah awalnya mendapat dukungan dari Barat, Amerika Serikat dan Inggris menolak untuk ikut mendanai proyek tersebut.

Negara-negara Barat menarik diri dari kesepakatan setelah mengetahui kesepakatan senjata rahasia antara Uni Soviet dan Mesir. Nasser kemudian menasionalisasi Terusan Suez milik Inggris dan Perancis, dan membuatnya menjadi jalan tol untuk kapal. Uang yang diperoleh akan dipakai untuk membayar pembangunan bendungan.

Krisis Terusan Suez datang kemudian, diwarnai upaya multi-nasional untuk mengamankan wilayah Mesir yang terbukti sukses. Bersama dengan pinjaman dari Soviet dan saluran Suez, pekerjaan dimulai di Dam Tinggi ini pada 1960.

Postcomended   28 Oktober dalam Sejarah: Pejabat Kolonial Belanda Sempat Meremehkan Sumpah Pemuda

Bendungan besar ini akhirnya dibangun oleh Institut Hyrdoproject Soviet bersama dengan insinyur Mesir. Soviet juga menyediakan banyak mesin yang digunakan untuk membuat bendungan. Dilaporkan 25.000 insinyur dan pekerja Mesir membantu menyelesaikan bendungan.

September tahun itu, Presiden Nasser meninggal karena serangan jantung. Bendungan itu secara resmi lalu dikeramatkan pada 1971. Waduk seluas 340 mil, lebar 22 mil diberi nama Nasser untuk menghormatinya.

Danau itu memindahkan 90.000 petani Mesir dan nomaden Nubia Sudan. Danau ini juga membanjiri dua kuil Abu Simbel, dengan kuil-kuil yang direlokasi pada tahun 1968 untuk menghindari perendaman yang lengkap. Bendungan itu memungkinkan bahwa 10 miliar kilowatt jam per tahun dihasilkan oleh turbin yang memompa air melalui struktur;

Namun, bendungan Aswan memiliki dampak parah pada lingkungan di wilayah tersebut. Lahan pertanian habis, populasi ikan telah mengering, dan penyebaran penyakit semuanya telah dikaitkan dengan bendungan yang menghalangi aliran alami Sungai Nil.(***/face2faceafricacom)

Share the knowledge