Pada tanggal ini, tahun 878, Syracuse, kota di timur Sisilia, Italia, ditaklukan oleh sultan Muslim. Sepeda model “swift walker” pertama diperkenalkan pada hari ini, 1819, di New York City, AS. Pada tanggal ini juga tahun 1998, terjadi salah satu peristiwa paling bersejarah di Indonesia ketika diktator yang telah berkuasa 32 tahun menyatakan “lengser keprabon”.

Pada 21 Mei 1998, Presiden Suharto meminta maaf atas kesalahannya dan menyataken mengundurkan diri setelah 32 tahun berkuasa. Pada kesempatan itu Suharto menyerahkan jabatannya kepada Wakil Presiden, BJ Habibie, dalam sebuah upacara yang disiarkan secara nasional.

Setelah pernyataan pengunduran dirinya yang singkat, ia mengarahkan mikrofon ke arah Habibie, yang segera mengambil sumpah jabatan di depan hakim yang memegang Alquran di atas kepalanya.

Para pengunjuk rasa mahasiswa, bereaksi dengan gegap gempita atas pengumuman Suharto itu. Mereka telah menuntut pengunduran dirinya selama tiga bulan, dengan protes yang memuncak minggu ini ketika mereka menduduki gedung Parlemen.

Postcomended   Inilah Sejarah Kota Lud, Tempat Dajjal Terbunuh

Mahasiswa mengindikasikan mereka tidak akan puas dengan pemasangan Habibie yang memiliki sedikit dukungan dalam militer yang kuat, dan telah membuat para ekonom dan investor asing bersikap antagonis.

Seluruh prosedur pengunduran diri memakan waktu kurang dari 10 menit. Menteri Pertahanan Wiranto melangkah ke mikrofon dan mengatakan dukungan militer dan menyambut pengunduran diri Presiden Suharto. Dia menjanjikan dukungannya kepada Habibie, juga mengatakan bahwa militer akan menjamin keselamatan keluarga Suharto.

Seorang juru bicara Pemerintah, Alwi Dahlan, seusai pernyataan singkat Suharto itu menegaskan bahwa Indonesia akan menjaga komitmen internasional, termasuk terhadap Dana Moneter Internasional (IMF), lembaga pengutang internasional yang telah membuat perekonomian Indonesia berkembang dalam kondisi rapuh.

Pernyataan pengunduran diri Suharto ini hanya dua bulan setelah dia merancang pemilihannya kembali sebagai Presiden untuk masa jabatan lima tahun yang ketujuh.

Postcomended   Amerika Gudang Serial Killer: 40 Dekade Berkeliaran, Pelaku “Golden State Killer” Baru Tertangkap Selasa Lalu

Sepekan sebelumnya tepatnya 12-14 Mei, telah terjadi kerusuhan yang merusak selama tiga hari di Jakarta yang menyebabkan ratusan kendaraan roda dua dan empat, serta gedung-gedung pusat perbelanjaan dibakar, barang-barangnya dijarah, etnis Cina ketakutan dan terusir dari rumah-rumahnya.

Peristiwa tersebut menyebabkan sedikitnya 500 orang tewas. Sehari kemudian muncul laporan tragedi pemerkosaan massal tehadap warga etnis Cina.

Tugas yang dihadapi Presiden baru pengganti Suharto, cukup menakutkan. Perekonomian jatuh. Perbankan di-rush sehingga kesulitan likuiditas. Beberapa kemudian lumpuh lalu bangkrut dan dimerger. Nilai mata uang jatuh hingga 20 persen.

Kejatuhan Suharto terjadi ketika ia kehilangan dukungan masyarakat dan terutama mesin-mesin politik di sekitarnya. Ketika parlemen yang semula patuh pada dia, berbalik menentangnya, menjadi jelaslah posisi Suharto sebagai presiden tak akan bertahan lama.(***/onthisday/NYT)

Share the knowledge