Thomas Alpha Edison bersama temuan fonografnya (https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/03/Edison_and_phonograph_edit1.jpg)

Hari ini, 1877, Thomas Alpha Edison mengumumkan temuan “mesin bicara”-nya: fonograf; mesin pertama yang bisa memutar dan merekam suara. Pengumuman penemuan ini mendahului temuan penting Edison lainnya: bola lampu pijar. Edison menemukan salah satu temuan terhebatnya ini ketika sedang mencari cara untuk merekam komunikasi telepon di laboratoriumnya di Menlo Park, New Jersey, Amerika Serikat (AS).

Pekerjaannya itu justru membawa Edison pada eksperimen menggunakan stylus pada silinder kertas timah, yang –secara mengejutkan– dapat memutar kembali lagu pendek yang dia rekam, “MARY HAD A LITTLE LAMB”.

Demonstrasi umum fonograf ini kepada membuat orang Amerika ini terkenal ke seluruh dunia, yang membuatnya dijuluki “Wizard of Menlo Park” atau Penyihir dari Menlo Park.

Postcomended   14 November dalam Sejarah: Novel Moby Dick Pertamakali Terbit di Amerika, Sempat Sepi Pembaca

Edison menyisihkan sementara penemuan ini pada tahun 1878 untuk mengerjakan temuan lainnya: bola lampu pijar, sementara penemu lainnya bergerak maju untuk memperbaiki fonograf.

Pada 1887, Edison melanjutkan pekerjaannya pada perangkat tersebut, dengan menggunakan teknik silinder lilin yang dikembangkan oleh Charles Tainter. Cara kerjanya, suara disimpan setelah ditangkap oleh silinder tersebut.

Meskipun awalnya digunakan sebagai mesin untuk mendikte kata-kata, fonograf terbukti menjadi alat hiburan yang populer. Pada 1906 Edison meluncurkan serangkaian pilihan musik dan teatrikal ke publik melalui Perusahaan Fonografinya.

Phonograph Disc Edison memulai debutnya pada 1912 dengan tujuan bersaing di pasar rekaman populer. Cakram Edison menawarkan kualitas suara yang superior namun tidak kompatibel dengan pemutar cakram populer lainnya.

Selama tahun 1920-an, bisnis rekaman di awal-awal telah menderita akibat pertumbuhan radio, hingga pada 1929 produksi rekaman Edison berhenti selamanya. Edison yang telah memperoleh 1.093 hak paten yang mencengangkan dalam 84 tahu, meninggal pada 1931.(***/history)

Share the knowledge