Internasional

23 Juli dalam Sejarah: Foto Bugilnya Beredar di “Penthouse”, Vanessa Williams Serahkan Mahkota Miss America-nya

Vanessa Williams saat penobatan sebagai Miss America 1983 (AARP)

Pada tanggal ini, 636, Arab menguasai sebagian besar wilayah Palestina dari Kekaisaran Bizantium. Pada 1978, Pemerintah Israel menolak seruan Presiden Mesir Anwar Sadat untuk mengembalikan dua wilayah di Sinai. Abad millennium ditandai dengan diskualifikasi pesepeda Lance Armstrong sebagai pemenang “Tour the France 2000”. Mundur ke 1984 pada tanggal sama, Vanessa Williams mengundurkan diri sebagai Miss America 1983, akibat foto bugilnya beredar di majalah Penthouse.

Akibat  foto-foto bugilnya yang dibuat pada 1982 beredar di majalah dewasa Penthouse, Vanessa Williams, Miss Amerika 1983, pada hari ini tahun 1984 memutuskan menyerahkan gelar Miss America-nya. Williams yang kala itu berusia 21, menjadi perempuan hitam pertama yang menyabet gelar Miss America, juga menjadi yang pertama turun takhta dalam sejarah kontes kecantikan.

Williams membuat sejarah pada 17 September 1983, ketika ia menjadi wanita kulit hitam pertama yang memenangkan mahkota Miss Amerika. Mahkota Miss America 1983 akhirnya dilungsurkan kepada Miss New Jersey, Suzette Charles, runner-up pertama yang juga seorang Afro-Amerika, untuk sisa waktu yang tinggal dua bulan lagi.

Postcomended   24 Oktober dalam Sejarah: Concorde Mengakhiri Penerbangan Komersialnya

Vanessa Lynn Williams lahir 18 Maret 1963, di Millwood, New York, dari orang tua guru musik. Dia belajar di Syracuse University untuk mempelajari teater musikal. Pada musim panas 1982, ketika bekerja sebagai resepsionis di agen model di Mt. Kisco, New York, fotografer Thomas Chiapel mengambil foto bugilnya, seraya mengatakan mereka hanya akan memotretnya dalam siluet dan  tidak akan dikenali.

Setelah Williams menjadi Miss America, sang fotografer menjual foto-foto itu ke Penthouse tanpa sepengetahuannya. Williams kemudian menjatuhkan tuntutan hukum terhadap majalah dan fotografer itu setelah mengetahui bahwa ia dikatakan telah menandatangani formulir rilis model pada saat foto-foto itu diambil.

Bob Guccione, pemilik Majalah Penthouse, memutuskan untuk memublikasi foto-foto itu setelah Hugh Hefner dari Majalah Playboy menolak dengan pertimbangan Williams akan menanggung malu.

Setelah Penthouse mengedarkan dengan judul “Miss America, Oh God, She’s Nude!”, Amerika gempar. Pihak Miss America pun mendesak Williams untuk mengundurkan diri. Guccione dikabarkan mereguk untung hingga 14 juta dollar AS.

Bagaimana tidak, lima juta eksemplar edisi September 1984 menghantam kios-kios koran, dan pada akhir pekan terjual habis. Permintaan cetak ulang mencapai 750 ribu eksemplar. Guccione berdalih bahwa publikasi foto-foto bugil Williams adalah murni keputusan bisnis, bukan keputusan moral.

Postcomended   23 Agustus dalam Sejarah: Inggris Rebut Hongkong, Tandai Kian Beratnya Perang Candu

Dia menolak untuk mengatakan berapa banyak dia telah membayar untuk gambar-gambar itu dari Chiapel. Chiapel yang disebut berada dalam kesulitan keuangan sebelum akhirnya menjual foto-foto Williams, selalu mengelak dari kejaran media.

Williams bangkit dari keterpurukan akibat skandal Miss America itu dengan melanjutkan karier di dunia hiburan. bagaimana pun dia kahirnya tetap sukses sebagai bintang film dan televisi, penyanyi yang berhasil merilis sejumlah album lagu pop, hingga tampil di Broadway.

Kontes Miss America, yang memproyeksikan citra perempuan Amerika yang sehat dan positif, dimulai pada tahun 1921 di Atlantic City, New Jersey. Dalam sejarahnya, kontes ini merupakan  pengembangan yang dilakukan pengusaha lokal untuk memperpanjang liburan musim panas dan yang semula lebih merupakan kontes bikini.

Pada 1954, kompetisi disiarkan secara langsung untuk pertama kalinya. Pada 1980-an, para kontestan diharuskan memiliki platform sosial, seperti kesadaran pencegahan AIDS, kampanye tentang bahaya mengemudi-mabuk, dan sejenuisnya. Tahun ini, panitia Miss America bahkan membuat “terobosan” dengan tidak akan menyelenggarakan sesi mengenakan pakaian renang.

Postcomended   Facebook Susul Apple Bekukan Empat Laman Milik Ahli Teori Konspirasi AS #FacebookDown

Vanessa Williams bangkit dari skandal Miss America dan melanjutkan ke karier hiburan yang sukses sebagai aktris dan artis rekaman, tampil di Broadway serta di film dan televisi dan merilis sejumlah album populer.(***/history/time/CNN)

 

 

 

 

 

 

 

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top