Internasional

23 Maret dalam Sejarah: Pilot Membawa Anaknya ke Kokpit, Aeroflot Tabrak Bukit

Share the knowledge

Rekonstruksi kecelakaan pesawat Aeroflot penerbangan 593, yang menunjukkan pesawat sempat jungkir balik untuk kemudian menabrak atau jatuh ke tebing dalam posisi nyaris vertikal (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=y1kPAWVI5UA)

Rekonstruksi kecelakaan pesawat Aeroflot penerbangan 593, yang menunjukkan pesawat sempat jungkir balik untuk kemudian menabrak atau jatuh ke tebing dalam posisi nyaris vertikal (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=y1kPAWVI5UA)

Pada tanggal ini tahun 1994, Aeroflot Penerbangan 593 menabrak lereng bukit di Oblast Kemerovo, Rusia. Ke-75 orang di dalamnya tewas. Yang menjadikan insiden ini mengenaskan dibanding insiden pesawat pada umumnya, sang pilot membawa dua anaknya di kokpit.

Dikutip dari laman Maydaytvshow.fandom.com, pesawat keluaran Airbus tipe A310-304 yang nahas ini merupakan penerbangan internasional pertama bagi Pilot Yaroslav Kudrinsky. Aeroflot memang memungkinkan keluarga pilot ikut dalam perjalanan sekali setahun dengan tarif diskon.

Dengan autopilot aktif, Kudrinsky, melanggar peraturan dengan membiarkan anaknya duduk di kontrol. Pertama putrinya Yana (12) mengambil kursi depan kiri pilot. Kudrinsky menyesuaikan arah autopilot untuk memberinya kesan bahwa dia memutar pesawat, meskipun dia sebenarnya tidak memiliki kendali atas pesawat.

Selanjutnya, putranya Eldar Kudrinsky (15), duduk di kursi pilot dan dibiarkan mengaplikasikan kekuatan yang cukup ke kolom kontrol untuk menentang autopilot selama 30 detik. Apa yang tidak disadari adalah bahwa dengan melakukan ini, Eldar tanpa disadari  memutus autopilot aileron.

Postcomended   Dr Zakir Naik Kehilangan Kewarganegaraan dalam Pelariannya

Perbedaan jenis pesawat yang biasa dipiloti Yaroslav, tampaknya juga menjadi faktor penentu. Pesawat buatan Prancis ini tidak memberi tanda peringatan bahwa telah terjadi “kesalahan”. Lampu indikator menyala, namun pilot tampaknya tak memperhatikan.

Airbus berbeda dengan pesawat buatan Rusia yang memiliki sinyal peringatan yang dapat didengar. Eldar disebut melihat bahwa pesawat keluar dari jalur. Tak lama kemudian, indikator jalur penerbangan berubah untuk menunjukkan jalur penerbangan baru dari pesawat saat berbelok.

Karena belokan ini terus menerus, jalur penerbangan yang diprediksi dihasilkan di layar adalah belokan 180 derajat. Indikasi ini mirip dengan indikasi yang ditunjukkan ketika dalam pola holding, di mana giliran 180 derajat disengaja untuk tetap di satu tempat. Ini membingungkan pilot selama sembilan detik.

Selama kebingungan ini, pesawat membelok melewati sudut 45 derajat (lebih curam daripada yang dirancang). Ini meningkatkan g-force pada pilot dan kru, sehingga mustahil bagi mereka untuk mendapatkan kembali kendali.

Postcomended   Bisnis Pesawat Mitsubishi Tergencet Raksasa Boeing dan Airbus

Setelah melakukan penyimpangan sebanyak 90 derajat, fungsi autopilot yang tersisa mencoba untuk mengoreksi ketinggian pesawat dengan menempatkan pesawat dalam pendakian yang hampir vertikal, hampir membuat pesawat mandek.

Menabrak Tebing Secara Vertikal

Co-pilot berhasil membuat pesawat diperintahkan untuk menukik, yang mengurangi g-force sehingga memungkinkan kapten untuk mengambil kontrol. Namun ketinggian sudah terlalu rendah untuk memulihkan posisi pesawat, hingga akhirnya pesawat menabrak tebing dengan kecepatan tinggi dalam posisi vertikal.

Puing-puing pesawat ditemukan di suatu lereng bukit terpencil sekitar 20 km timur Mezhdurechensk, Oblast Kemerovo, Rusia. Perekam data penerbangan baru ditemukan pada hari kedua pencarian.

Penerbangan 593 itu berada dalam rute perjalanan dari Bandara Internasional Sheremetyevo ke Bandara Internasional Kai Tak, Hong Kong. Sebagian besar dari 63 penumpang –selain kru pesawat– berstatus pengusaha dari Hong Kong dan Taiwan yang mencari peluang ekonomi di Rusia.

Tidak ada bukti kerusakan teknis yang ditemukan. Suara kokpit dan perekam data penerbangan mengungkapkan keberadaan orang yang tidak berwenang di dek penerbangan pada saat kecelakaan; yang diidentifikasi sebagai kedua anak sang pilot.

Postcomended   MH17 yang Jatuh di Atas Ukraina Ditembak Rudal Buk, Empat Terdakwa Ditetapkan

Sebagai hasil dari penyelidikan kecelakaan, ditemukan adanya sejumlah perubahan desain pada sistem autopilot A310 direkomendasikan.

Pesawat yang terlibat dalam kecelakaan itu adalah Airbus A310-304 sewaan yang baru dikirim ke Aeroflot pada 11 Desember 1992. Jenis ini merupakan salah satu dari lima yang beroperasi untuk Russian Airlines, sebuah divisi otonom dari Aeroflot-Russian International Airlines yang didirikan untuk melayani rute ke Timur Jauh Rusia dan Asia Tenggara.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top