Goodbye to A Beautiful Mind: John Forbes Nash Jr. Killed in Tragic ... Nerdist Goodbye to A Beautiful Mind: John Forbes Nash Jr. Killed in Tragic Accident

Goodbye to A Beautiful Mind: John Forbes Nash Jr. Killed in Tragic … Nerdist Goodbye to A Beautiful Mind: John Forbes Nash Jr. Killed in Tragic Accident

Pada tanggal ini, 2015, matematikawan terkemuka asal Amerika Serikat (AS) dan penerima Nobel bidang ekonomi pada 1994, John Forbes Nash, Jr., meninggal dunia bersama istrinya akibat taksi yang ditumpanginya mengalami kecelakaan lalu lintas. Si “Beautiful Mind” ini meninggal di usia 86 tahun. Awalnya dia dijadwalkan akan menaiki limusin.

Polisi mengatakan, Nash dan istrinya Alicia (82), tewas ketika taksi mereka mengalami kecelakaan di New Jersey, AS. Belakangan diketahui pria yang mengemudikan taksi yang yang mengalami kecelakaan pada Sabtu itu dan baru dua minggu menjadi sopir taksi.

Terlebih lagi, pria yang menginspirasi film “A Beautiful Mind” ini dan istrinya telah dijadwalkan untuk naik limusin untuk pulang Sabtu itu tetapi mereka tiba beberapa jam lebih awal ke bandara Newark dan memilih untuk memanggil taksi kuning, lapor New York Post.

Postcomended   Pemeran "Spider-Man: Homecoming" Nyaris Menangisi Reaksi Netizen

Pengemudi taksi bernama Tarek Girgis tersebut, beberapa minggu sebelum mengambil pasangan itu sebagai penumpang adalah seorang sopir truk es krim.

Keduanya kata polisi, terlempar dari kendaraan mereka. Laporan media mengatakan pasangan itu mungkin tidak mengenakan sabuk pengaman ketika mereka mengalami kecelakaan. Sopir taksi mereka dan seorang penumpang di mobil lain, terluka.

Nash terkenal karena karyanya dalam teori “Game” berhasil memenangkan Hadiah Nobel untuk Ekonomi pada 1994. Dia menginspirasi film “A Bautiful Mind” (2001) dimana Russel Crowe berperan sebagai Nash, yang mengisahkan perjuangannya dengan skizofrenia, sambil melakukan terobosan dalam dunia matematika.

Postcomended   Artis yang Antivaksin Bahayakan Seluruh Bangsa (2)

Lahir di Bluefield, West Virginia, Nash pertama kali belajar di Pittsburgh sebelum pindah ke Princeton. Surat rekomendasinya hanya berisi satu baris: “Orang ini jenius.”

Nash menikahi Alicia Larde pada tahun 1957, setelah menerbitkan beberapa karya terobosan dalam teori “Game”, yang merupakan studi matematika pengambilan keputusan.

Dia menderita skizofrenia berat segera setelah itu, dan Alicia telah memberinya komitmen untuk perawatan kejiwaan beberapa kali. Pasangan itu bercerai pada tahun 1962. Nash mengaku terganggu untuk jangka waktu yang sangat lama akibat perceraian itu.

Namun begitu keduanya tetap dekat, dan kondisinya mulai membaik pada 1980-an. Mereka menikah lagi pada tahun 2001. Bersama sang istri –yang dengan tekun merawat suaminya– kemudian menjadi pendukung kesehatan mental terkemuka hingga ajal menjemput mereka.(***/daiymail/newyorktimes)

Share the knowledge