http://static6.businessinsider.com/image/51cb19f4eab8ea1519000000-1190-625/pink-floyd-has-officially-broken-up.jpg

Hari ini, 1979, single “Another Brick In The Wall”, Part 2 dari grup band rock Pink Floyd, dirilis di Inggris dan terjual 6 juta kopi hanya dalam dua minggu. Hari ini juga, 1991, dunia musik dikejutkan pengumuman dari vokalis grup band Queen, Freddie Mercury, bahwa dia mengidap AIDS. Sehari kemudian, sebuah berita duka menyusul pengumuman ini. Freddie disebut sudah menarik diri dari ingart-bingar dunia musik pada dua tahun sebelumnya.

“Another Brick In The Wall” adalah single pertama kelompok ini sejak “Point Me At The Sky” pada 1968, yang bertengger empat minggu di posisi 1 di tangga lagu.

Postcomended   28 November dalam Sejarah: Lee Kuan Yew Mengundurkan diri Sebagai Perdana Menteri Singapura

Grup band yang dibentuk pada 1966 ini memproklamasikan diri sebagai band beraliran rock progresif. Album “Dark side of the Moon” (1973) menjadi album mereka yang paling banyak memecahkan rekor.

Dari Merdeka.com, dalam catatan sejarah musik modern, Pink Floyd adalah salah satu kelompok musik rock paling sukses secara komersial. Anggota awalnya adalah: Bob Klose (gitar), Syd Barret (vokal, gitar), Richard Wright (keyboard), Roger Waters (bass), dan Nick Masson (drum).

Dalam perjalanan karirnya, seperti umumnya grup band, terjadi bongkar pasanf personel. Saat Bob memutuskan keluar, grup ini bertahan dengan hanya empat personel. Pada 1968, David Gilmour masuk menggantikan Barret.

Postcomended   27 November dalam Sejarah: Jawaharlal Nehru Serukan Amerika dan Soviet Hentikan Perang Dingin

Pink Floyd berada pada urutan ketujuh dalam jumlah album terjual di seluruh dunia. Karakter lagu Pink Floyd selain bertema personal dan pengalaman hidup, juga terkenal dengan lagu-lagu kritik sosial. Lagu “Comfortably Numb” menjadi salah satu lagu mereka yang paling terkenal.

Pemain bass sekaligus vokalisnya, Roger Waters (70), baru-baru ini dianggap sosok paling kontroversial di Israel karena komentar-komentarnya yang kerap mengecam Negara Zionis itu.***

 

Share the knowledge