Buy me a coffeeBuy me a coffee
Ekonomi

23 September dalam Sejarah: Raksasa Game Nintendo Didirikan dari Bisnis Kecil Pembuat Kartu Remi

Share the knowledge

Kantor pusat Nintendo di Kyoto yang sederhana (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=J4q2jaL-4gE)

Kantor pusat Nintendo di Kyoto yang sederhana (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=J4q2jaL-4gE)

Pada tanggal ini, 1889, Fusajiro Yamauchi mendirikan Nintendo Koppai di Kyoto, Jepang; perusahaan kecil yang bakal terus merevolusi game di seluruh dunia. Diawali dengan memroduksi hanafuda, kartu remi Jepang, hingga membuat legenda Super Mario Bros.

Dikutip dari laman Electronic Design Network (EDN), pada 1949, cicit lelaki Fusajiro yang berusia 22 tahun, Hiroshi Yamauchi, mengambil alih perusahaan. Dia akan memimpin perusahaan hingga 2002 dan meninggal pada 2013 di usia 85.

Laman Wired mengutip Wikipedia menyebutkan, kartu bermain gaya barat yang ada saat ini awalnya datang ke Jepang pada abad ke-16 dengan perantara pedagang Portugis, tetapi selama tiga abad berikutnya berbagai permainan kartu yang berbeda dibuat di Jepang.

Yang paling populer di akhir 1800-an adalah hanafuda, kartu-kartu yang dicetak dengan gambar-gambar bunga yang indah dan berwarna-warni. Para yakuza sering menggunakan hanafuda di ruang perjudian ilegal mereka.

Fakta bahwa kartu-kartu itu sering digunakan untuk perjudian tercermin dalam nama yang diberikan Yamauchi kepada perusahaannya: Nintendo. “Nin-ten-do” ditulis dengan karakter yang secara kasar berarti, “aula keberuntungan-surga” atau tempat di mana Anda meletakkan kekayaan Anda di tangan para dewa (alias berjudi).

Selama 60 tahun berikutnya, Nintendo menjadi pembuat kartu bermain terkemuka di negara itu, berkembang menjadi pembuat toranpu (“truf” untuk kartu remi Barat) dan memperkenalkan sejumlah inovasi ke pasar Jepang.

Postcomended   Otak Seorang Pria Chile Rusak Usai Cabut Gigi

Nintendo adalah yang pertama memproduksi kartu bermain berlapis plastik yang tahan lama di Jepang, dan membuat kesepakatan untuk mencetak kartu dengan karakter Disney di bagian belakang. Ini memiliki efek memperluas pasar untuk bermain kartu, mengubah alat penjudi menjadi mainan anak-anak.

Ketika Permainan Kartu Menurun

Dilansir EDN, Nintendo pindah ke industri mainan dan game di tahun 1960-an ketika penjualan kartu bermain turun. Setelah beberapa keberhasilan, berkat inovasi insinyur dan pengembang produk, Gunpei Yokoi, perusahaan mulai mengembangkan video game.

Pada 1977, Nintendo mempekerjakan Shigeru Miyamoto, yang akan terus membuat banyak game yang paling sukses, termasuk Donkey Kong, Super Mario Bros, The Legend of Zelda, dan game untuk Wii.

Menurut Nintento, sistem awal mereka termasuk Nintendo Entertainment System (NES) pada 1985, dirilis di Jepang sebagai “Famicom” yang terjual lebih dari 60 juta unit, dan Game Boy, sistem video game paling sukses yang pernah dirilis.

Postcomended   Studi: Penembakan Massal Lebih Banyak Disalahkan pada Video Game Saat Pelakunya Kulit Putih

Menjual lebih dari 150 juta sistem, Game Boy diperbarui dan ditingkatkan selama bertahun-tahun dan merupakan salah satu perangkat game genggam pertama. Melihat peluang mendapat untung dari lisensi, perusahaan menerapkan chip 10NES yang dimaksudkan untuk mencegah game yang tidak berlisensi, bekerja pada sistem Nintendo.

Pada 1990-an, Nintendo meningkatkan kekuatan pemrosesan dengan teknologi 16-bit di Super Nintendo Entertainment System (SNES), dan memperkenalkan pemrosesan 64-bit dan peningkatan grafik 3D di N64.

Pada 2003 GameCube adalah sistem pertama dalam jajaran yang menggunakan cakram optik alih-alih kartrid, menyelamatkan generasi dari pemecahan masalah dengan meniup debu dari gim mereka.

Pada tahun 2006 Nintendo mengubah game dengan sistem Wii, yang menampilkan pengontrol sensitif gerakan nirkabel, Wi-Fi, dan kemudian termasuk 1080p HD, pengontrol layar sentuh, accelerometer, giroskop, kamera, dan mikrofon di Wii U.

Setelah beberapa kesuksesan dengan Nintendo 3DS, yang menampilkan layar 3D tanpa kacamata, perusahaan telah bergerak maju ke game ponsel dengan beberapa keterlibatan dalam permainan hit Pokémon Go, dan pengenalan Super Mario Run, yang diumumkan di acara Apple, September 2016 .

Postcomended   Empat Tujuan Wisata Ini Bakal Dianakemaskan oleh Pemerintah

Nintendo adalah salah satu perusahaan video game paling sukses di dunia dan masih tetap merupakan produsen kartu bermain utama di Jepang hingga kini.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


Buy me a coffeeBuy me a coffee
Buy me a coffeeBuy me a coffee
To Top