Internasional

24 Agustus dalam Sejarah: Thomas A. Edison Patenkan Kamera Film Pertamanya, Kinetograf.

Share the knowledge

Thomas Alfa Edison (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=VRg_ELJ8AVU)

Thomas Alfa Edison (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=VRg_ELJ8AVU)

Pada tanggal ini tahun 1891, Thomas A. Edison mematenkan kamera film pertamanya yang disebut kinetograf. Temuan inventor AS ini seiring dengan tren para ilmuwan dan penemu dari seluruh dunia sejak akhir 1880-an dalam mengembangkan kamera yang dapat merekam gerakan.

Menurut laman Film Reference seperti dikutip TPS Connect, sistem gambar bergerak yang dipatenkan Edison
(1847–1931) itu, dikembangkan terutama oleh asisten laboratorium Edison, William Kennedy Laurie Dickson (1860–1935).

Sistem ini menampilkan kamera yang disebut Kinetograf (dari bahasa Yunani untuk “perekam gerak”) dan penampil yang disebut Kinetoskop (dari bahasa Yunani untuk “penampil gerak”). Kinetograf menggunakan film seluloid fleksibel yang telah diperkenalkan ke pasar pada 1889 oleh pengusaha Amerika Serikat (AS) yang juga penemu “Kodak”, George Eastman (1854-1932).

Postcomended   Dua Insiden 737 Max Mulai Seret Boeing ke Krisis Terbesar dalam Sejarahnya

Dickson dan Edison memasukkan mekanisme intermiten dalam kamera sehingga setiap frame akan berhenti sebelum lensa cukup lama untuk membuka dan mengekspos film, dan perforasi ditambahkan ke strip film untuk memastikan bahwa film akan maju dengan interval teratur.

Perangkat intermiten, atau stop-motion, dan perforasi dalam filmstrip, adalah komponen penting dari kamera gambar bergerak. Tanpa kemampuan untuk menghentikan film, gambar akan kabur.

Perangkat intermiten pertama kali digunakan oleh Marey pada 1888, dan mekanisme stop-motion akhirnya menjadi elemen standar dalam kamera dan proyektor. Perforasi dalam film memungkinkan gigi cakar untuk terhubung ke film dan menariknya ke depan lensa, satu frame pada satu waktu, memastikan sinkronisasi dari strip film dan rana. Teknologi ini masih digunakan pada kamera gambar bergerak modern.

Dikutip dari laman History, kamera didasarkan pada prinsip-prinsip fotografi yang ditemukan oleh pelopor fotografi, Joseph Nicephone Niepce dan Louis Daguerre, dari Prancis. Pada 1877, penemu Edward Muybridge mengembangkan bentuk primitif dari film ketika Leland Stanford, gubernur California, mengundangnya untuk mengembangkan studi foto hewan yang bergerak.

Postcomended   Legenda “Kejatuhan”: 10 Penyelaman Orlando Duque Paling Spektakuler

Muybridge mengembangkan sistem yang cerdas untuk memotret gerak berurutan, menyiapkan 24 kamera yang terpasang pada kabel trik balap kuda yang direntangkan melintasi trek balap. Ketika kuda itu tersandung masing-masing kawat, daun jendela pun menghentak.

Rangkaian foto yang dihasilkan dapat diproyeksikan sebagai sesuatu yang menyerupai gambar bergerak. Terobosan ini pada awal 1870-an mengilhami siswa lain “gerakan hewan”, Etienne Jules Marey, dari Perancis, untuk mengembangkan pada tahun 1882 kamera berputar agak seperti senapan, di mana gambar yang berbeda diambil dalam urutan cepat dengan kartrid yang berputar.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top