25 Februari dalam Sejarah: Los Angeles Panik Masal Ketika Pesawat Misterius Dilaporkan Terbang di Angkasa

Internasional
Share the knowledge

Satu gambar terkenal dari L.A. Times muncul dari peristiwa “Thae Great LA Air Raid” yang menunjukkan objek menyerupai piring melayang di atas kota, dan diterangi sejumlah lampu sorot. (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=5m7736RMBEg)

Pada tanggal ini tahun 1942, di tengah Pertempuran Los Angeles, terjadi salah satu insiden paling misterius dari Perang Dunia II. Saat peristiwa yang dikenal dengan nama “The Great LA Air Raid” ini terjadi, militer AS melepaskan rentetan tembakan ke udara; ke satu objek yang dikira pesawat Jepang. Lima tewas dalam peristiwa kepanikan ini.

Kala itu, warga Los Angeles (LA) dibuat panik oleh apa yang awalnya dianggap sebagai pesawat Jepang. Peristiwa ini terjadi tak lama setelah pemboman Pearl Harbor, dan hanya satu hari setelah serangan kapal selam Jepang ke pantai Santa Barbara. Paranoia sedang membayangi LA kala itu.

Laman History menuliskan, tak lama setelah pukul dua pagi pada tanggal ini, radar militer menangkap apa yang mereka kira merupakan kontak musuh. Sirene serangan udara terdengar, dan pemadaman seluruh kota diberlakukan.

Dalam beberapa menit, pasukan telah menyiapkan senjata anti-pesawat dan mulai menyapu langit dengan lampu sorot. Dikutip dari laman HuffPost, militer Amerika Serikat (AS) melepaskan sekitar 1.400 peluru anti-pesawat ke langit Los Angeles dengan kalap.

Postcomended   Arab Saudi Bakal Deportasi Lagi Ratusan Rohingya, Warganet Tak Heran

Akan tetapi, tak sekeping pun puing pesawat jatuh dari langit. Begitu asap tembakan hilang, LA kembali tenang tanpa benar-benar ada yang mengetahui apa yang sebenarnya terlihat di langit bahkan tercatat di radar.

Diduga terpicu oleh paranoia, banyak warga dari seluruh penjuru kota melaporkan melihat pesawat Jepang terbang dalam formasi siap melepaskan bom. Bahkan sempat ada klaim bahwa ada pesawat Jepang yang rusak mendarat di jalanan Hollywood.

“Aku hampir tidak bisa melihat pesawatnya, tetapi mereka ada di sana,” tulis seorang artileri pesisir bernama Charles Patrick kemudian dalam sebuah surat kabar, dilansir History. Pihak Komando Pertahanan Barat Angkatan Darat mengonfirmasi bahwa tidak ada bom yang dijatuhkan dan tidak ada pesawat yang ditembak jatuh.

Ironisnya, pecahan ribuan peluru anti-pesawat yang ditembakkan ke udara, berbalik menghujani kota, menghancurkan jendela-jendela rumah dan merobohkan bangunan. Situasi ini secara keseluruhan rupanya menimbulkan dampak sampingan. Dilaporkan setidaknya lima orang tewas akibat serangan jantung dan kecelakaan mobil yang terjadi selama pemadaman listrik berkepanjangan.

Postcomended   Penonton “Incredibles” Kembali Menonton “Incredibles 2” Sebagai Remaja

Jadi, apa sebenarnya yang terlihat di langit pada dini hari itu? Bagaimanapun, disebutkan bahwa ada ribuan personel militer dan warga sipil yang mengklaim telah melihat pesawat di langit di atas LA. Banyak orang percaya kemudian bahwa yang mereka lihat adalah UFO.

Seorang saksi mata, seperti dikisahkan HuffPost, mengaku melihat suatu benda yang menurutnya mirip “permen” besar terbang. Menurut editorial di New York Times, beberapa saksi mata telah melihat “benda mengambang besar” menyerupai balon.

Beberapa menuduh pemerintah menutup-nutupi apa yang terjadi. Laporan-laporan yang saling bertentangan dari Departemen Angkatan Laut dan Perang tidak membantu memperjelas masalah.

Seolah-olah mengonfirmasi ketakutan publik akan serangan UFO, satu gambar terkenal dari L.A. Times muncul dari peristiwa tersebut yang menunjukkan objek menyerupai piring melayang di atas kota, dengan sejumlah lampu sorot diarahkan tepat ke piring terbang tersebut.

Gambar yang banyak diperdebatkan ini mengilhami kontroversi UFO besar pertama di Amerika; lima tahun sebelum insiden UFO Roswell.

Sampai hari ini, tidak ada yang tahu pasti apa yang terbang di atas LA malam itu. Banyak wartawan mencatat bahwa sudah sepantasnya kejadian itu terjadi di rumah dari industri film. Pada Maret 1942, New York Times menulis, “Sebagai pembuat khayalan terkemuka di dunia, Hollywood tampaknya telah menjadi tuan rumah bagi sebuah pertempuran yang hanyalah ilusi lain.”***


Share the knowledge

Leave a Reply