Louise dengan kedua ortunya (sumber foto: Mirror)

Pada tanggal ini tahun 2000, penumpang pesawat supersonik Concorde milik Air France, jatuh tepat setelah lepas landas dari Paris, menewaskan 109 penumpangnya dan 4 di darat. Sejak hari itu, penerbangan komersil supersonik, berhenti beroperasi.  Sejarah juga mencatat Brian Jones melakukan penampilan terakhirnya sebagai personel Rolling Stones pada 1966. Tahun 2016, Yahoo dikuasai Verizon. Kembali ke 1978, dunia digemparkan kelahiran Louis Brown, bayi tabung pertama.

Louise Brown, manusia pertama yang lahir dengan menggunakan teknologi bayi tabung, pada tanggal ini, merayakan ulang tahun yang ke-40. Brown dilahirkan pada 25 Juli 1978 dari orangtua seorang pegawai perusahaan kereta api di Bristol, Inggris, John Brown, dan istrinya Lesley.

Pasangan ini telah berusaha selama sembilan tahun untuk memiliki anak, namun selalu gagal. Suatu hari di tahun 1977, mereka menemui dokter kandungan yang berbasis di Oldham, Dr Patrick Steptoe dan mitra penelitiannya, ahli fisiologi Cambridge, Dr Robert Edwards.

Steptoe dan Edwards telah bekerja sama dengan Jean Purdy di bidang percobaan fertilisasi in-vitro (IVF). Pada 10 November 1977, dunia gempar ketika mereka diberitakan berhasil menanamkan embrio –yang diproses di dalam cawan petri daripada tabung uji– ke dalam Rahim Lesley.

Postcomended   22 Juli dalam Sejarah: Ucapkan Selamat Tinggal pada Pemutar Kaset Video

Sembilan bulan kemudian, seorang bayi perempuan yang sehat bernama Louise Joy Brown dilahirkan melalui operasi caesar yang direncanakan di Oldham dan Rumah Sakit Umum Distrik, dengan berat lima pon dan 12 ons.

Pro kontra publik terhadap pengobatan kesuburan terobosan ini meledak. Media tabloid membahas tentang munculnya “Frankenbabies” dan mengirim cukup paparazzi ke Oldham untuk memicu ledakan ketakutan, yang menyebabkan bayi dievakuasi  dari rumah sakit. Koridor rumah sakit dipagari oleh petugas polisi ketika John Brown tiba untuk bertemu putrinya untuk pertama kalinya.

Ketika keluarga Brown tiba di rumah mereka di Bristol, 100 wartawan memblokir jalan-jalan. Anak-anak lokal yang penasaran ikut meramaikan situasi, termasuk seorang anak berusia tujuh tahun bernama Wesley Mullinder. Mullinder yang di masa dewasanya bekerja sebagai tukang pukul klub malam ini, pada 2004 menikahi Louise; pernikahan yang dihadiri oleh Dr. Edwards.

Dr Robert Edwards, Louise, dan anak keduanya (foto: My IVF Alternative)

Vatikan menyatakan kegelisahannya pada kabar tersebut. Kardinal Albino Luciano (yang kemudian menjadi Paus Yohanes Paulus I yang berumur pendek) yang dikabari pers saat berada di tempat tidurnya di rumah sakit pada tahun 1978, mengatakan bahwa dia tidak berhak mengutuk orang tua karena menginginkan anak mereka sendiri. Akan tetapi dia memperingatkan bahwa tidak semua kemajuan ilmiah adalah demi kebaikan umat manusia, seraya menunjuk pada senjata pemusnah massal.

Postcomended   16 Juli dalam Sejarah: Hari Ini, Seabad Sejak Tsar Nikolai dan Keluarga Dieksekusi

Keluraga Brown menerima banyak surat dan paket  –yang masih disimpan Brown sebagai kenang-kenangan. Selain ucapan selamat, banyak juga yang melontarkan kebencian, bahkan paket-paket yang bersifat teror dan horor. Seperti dikisahkan Louise dalam otobiografinya, ibunya menerima paket yang dari luar tampak manis namun ketika dibuka berisi janin tiruan yang diceceri cairan merah.

“Bayangkan betapa mengkhawatirkannya ini untuk Ibuku. Untuk sementara, dia bahkan lebih berhati-hati ketika membawaku keluar di kereta dorong,” kata Louise, seperti dilansir the Independent.

Menurut Louise, saat itu banyak keberatan dari pihak gereja Katolik. Untungnya saat duduk di SD, teman-temannya berjuang untuk memahami sains di balik kelahirannya. “Saya selalu menjadi gadis yang lebih besar dan mereka sering berkata, ‘bagaimana saya bisa masuk dalam tabung percobaan?'”

Hidup dalam tatapan publik memberikan tekanan pada keluarga Brown, tetapi sang ibu merasa berkewajiban untuk berbagi kisah tentang bayi ajaibnya ini kepada dunia. Louise juga secara rutin menyempatkan hadir di berbagai konferensi kesuburan di seluruh dunia. Dia misalnya berbicara di Parlemen Eropa tentang akses ke IVF pada Februari 2017.

Postcomended   26 November dalam Sejarah: Dua Pria Inggris Masuk ke Makam Tutankhamen Setelah 3000 Tahun Tak Tersentuh

Hingga hari ini, delapan juta  manusia hasil teknologi bayi tabung, telah lahir di seluruh dunia. Namun ini tak membuat pelecehan terhadap Louise berhenti. Pelecehan hanya berganti dari tulisan pena “beracun” pada masa lalu, menjadi pembulian secara online. “Orang-orang memberikan komentar yang kejam dan kurang informasi di internet hampir setiap kali ada cerita tentang saya. Tapi saya abaikan saja.”(***/theindependent)

Share the knowledge